• Selasa, 30 November 2021

Indonesia Dijatuhi Sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA): Berikut Klarikasi Menpora

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 05:56 WIB
Menpora Zaenudin Amali memberikan keterangan pers secara virtual tentang sanksi WADA kepada Indonesia (bagus/kemenpora.go.id)
Menpora Zaenudin Amali memberikan keterangan pers secara virtual tentang sanksi WADA kepada Indonesia (bagus/kemenpora.go.id)


Jayapura, Klikanggran.Com – Menteri Pemuda dan Olahraga Zaenuddin Amali mengakui Indonesia tidak mengirimkan sampel hasil tes doping seperti yang diminta oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA), sehingga dijatuhi sanksi.


Keterangan itu diungkapkan Menpora dalam keterangan pers yang dilakukan secara virtual Jumat 8 Oktober 2021 dari Jayapura Papua.


“Memang benar kita mendapatkan surat dari WADA itu tentang dianggap ketidakpatuhan,” kata Menpora Amali.

Baca Juga: Pelaku Penggelapan 7 Kilogram Emas Batangan Senilai Rp6 Miliar Ditangkap Polda Jatim.


Zaenuddin Amali menjelaskan, setelah meneriman surat dari WADA, Kemenpora pada Jumat  (8/10) telah melakukan koordinasi dengan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) untuk memberikan klarifikasi bahwa pada tahun 2020, LADI tidak dapat mengirimkan jumlah sample sesuai dengan TDP (Test Doping Planning) karena olahraga terhenti akibat adanya pandemi COVID-19 pada Maret 2020.


“Ini yang menyebabkan berkurangnya jumlah sample yang dikirim ke Lab anti-doping di Qatar. Sedangkan untuk tahun 2021 masih akan diharapkan dari sample yang diambil saat PON XX Papua,” ujar Menpora Amali.

Baca Juga: Merasa Dicemarkan Nama Baiknya, Suami Lesti Kejora, Rizky Billar Laporkan Pemilik Akun Medsos Ke Polda Metro

“Ini lebih pada pengiriman sample. Karena pengiriman sample kita memang merencanakan akan memberikan sample pada tahun 2020,” tambahnya.

Menurut Menpora, sejak pandemi covid-19 even olahraga terhenti secara total sehingga tidak ada kegiatan olahraga yang bisa dijadikan sample untuk anti doping pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemenpora.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X