• Kamis, 30 Juni 2022

Uang Gratifikasi Dijadikan Barang Menyeret Sunjaya Jadi Tersangka TPPU

- Sabtu, 5 Oktober 2019 | 06:07 WIB
sunjaya
sunjaya


JAKARTA, Klikanggaran.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan Sunjaya Purwadisastra, Mantan Bupati Cirebon, sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang.


Diduga, mantan Bupati Cirebon itu menerima sejumlah uang saat menjabat sebagai bupati yang disamarkan atau dialihkan ke dalam bentuk barang. Pemberian suap terhadap Sunjaya itu terkait perizinan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).


Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif dalam konferensi pers, Jumat (4/10/2019) mengatakan, "Tersangka SUN [Sunjaya] menerima hadiah atau janji terkait perizinan PLTU 2 di Kabupaten Cirebon sebesar Rp6,04 miliar.”


Adapun perincian penerimaan Sunjaya berupa gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sekitar Rp41,1 miliar.


Gratifikasi itu diduga berkaitan dengan pengadaan barang/jasa dari pengusaha sekitar Rp31,5 miliar, mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Mojokerto dari ASN sekitar Rp3,09 miliar, setoran dari Kepala SKPD/OPD sekitar Rp5,9 miliar; dan perizinan galian dari pihak yang mengajukan izin lainnya Rp500 juta.


Selain perizinan PLTU penerimaan lain diduga terkait dengan perizinan properti di Cirebon sebesar Rp4 miliar.


"Sehingga total penerimaan tersangka SUN dalam perkara ini adalah sebesar sekitar Rp51 miliar," kata Laode.


Penetapan tersangka Sunjaya berdasarkan pengembangan kasus suap terkait dengan perizinan di Pemerintah Kabupaten Cirebon, yang sebelumnya telah menjerat dirinya sebagai tersangka.


Laode mengatakan dalam perkara ini KPK telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap dua orang sejak April lalu.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

X