• Minggu, 27 November 2022

Dorong Santri Masuk PTN, Alumni PMII UI Gelar Try Out UTBK Keliling Pesantren

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:06 WIB
Try Out di Pesantren Al Nahdlah Depok (Klikanggaran/Istimewa)
Try Out di Pesantren Al Nahdlah Depok (Klikanggaran/Istimewa)

KLIKANGGARAN -- Pelaksanaan UTBK 2023 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) masih sekitar 9 bulan lagi.

Namun, sejumlah alumni PMII UI (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Indonesia) yang tergabung dalam Tim Edukasi Alumni UI telah memulai Try Out UTBK keliling pesantren dan madrasah.

General Manager Tim Edukasi Alumni UI Abdul Rohman menjelaskan bahwa selama ini masih sedikit santri yang bisa menembus PTN unggulan seperti UI, ITB dan UGM.

"Jadi, kami mengadakan Try Out UTBK ini untuk memotivasi santri sekaligus memperkenalkan bentuk-bentuk soal UTBK," tutur Abdul Rohman saat Try Out UTBK di Pesantren Al Nahdlah Depok, Minggu 21 Agustus 2022.

Baca Juga: K.H. Jamaluddin F. Hasyim: Perbedaan Pendidikan Islam dan Pendidikan Sekolah Modern

Rohman juga menjelaskan bahwa Tim Edukasi Alumni UI telah berhasil meluluskan sejumlah santri dari pesantren di tiga kota ke PTN.

Try Out UTBK di MA Al Mudatsiriyah Jakarta (Klikanggaran/Istimewa)

Pesantren-pesantren itu adalah pesantren Ats Tsaqafah Jakarta, Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto dan Pesantren Manbaul Ulum Gresik ke UI dan ITS saat UTBK 2022 lalu.

"Selain itu, Tim Edukasi Alumni UI berhasil meluluskan 90% santri Pesantren Nurul Huda Bekasi ke PTN setelah selama setahun mengadakan bimbingan belajar persiapan UTBK di pesantren tersebut," pungkas Abdul Rohman.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru Amin: Ulama Betawi dan Pejuang Kemerdekaan

Minggu, 25 September 2022 | 16:07 WIB

CPM: TNI Solid, Effendi Simbolon Harus Meminta Maaf

Rabu, 14 September 2022 | 11:16 WIB
X