• Minggu, 23 Januari 2022

Heboh Warna Seragam Satpam Disamakan dengan Polisi, Tahukah Sejarah Terbentuknya Satpam?

- Kamis, 13 Januari 2022 | 14:06 WIB
Ilustrasi (IG/@putra_tidar_perkasa)
Ilustrasi (IG/@putra_tidar_perkasa)


KLIKANGGARAN -- Pergantian warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) yang menyerupai seragam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kini ramai dibicarakan warganet.

Banyak masyarakat yang mengeluhkan warna seragam Satpam tersebut karena membuat sebagian orang terkecoh antara Polisi dengan Satpam.

Terkait hal itu, maka sepertinya warna seragam satpam akan diubah menjadi krem seperti diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Baca Juga: Futsal Makin Berkembang, Pentingnya Anak Belajar di Sekolah Futsal

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan satpam," kata Brigjen Ahmad Ramadhan.

Klikers, tahukah sejarah terbentuknya Satpam yang kini banyak dibicarakan oleh warganet tersebut?

Dikutip Klikanggaran dari dari berbagai sumber, Satpam yang merupakan kependekan dari satuan pengamanan dibentuk pertama kali oleh Kapolri ke 8 yaitu Jendral Polisi ( purn.) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA pada tanggal 30 Desember 1980 yang diperingati sebagai hari lahir satpam dan beliau kemudian dikenal sebagai bapak satpam Indonesia.

Baca Juga: Komentari Habib Kribo, 'Lieus' Tokoh Tionghoa: Ente Juga Bikin Apa? Jangan Ajari Kami Pancasila!

Semerntara itu, proses pembentukan satpam sendiri merupakan buah cemerlang dari pemikiran beliau saat itu sebagai kapolri yang resah dengan banyaknya aksi kekerasan yang disebabkan oleh centeng atau jawara diseputaran ibukota yang kebanyakan merangkap sebagai penjaga tuan tanah, tauke atau boss.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NU Perlu Membuat Sekolah Tinggi Perfilman Usmar Ismail

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:43 WIB

Seni dalam Organisasi

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:00 WIB

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB
X