• Rabu, 5 Oktober 2022

Apakah yang Menjadi Tugas Hakiki Manusia? Simak Uraiannya Berikut

- Senin, 21 Maret 2022 | 11:01 WIB
Al-Quran kitab suci bagi Umat Islam (Pixabay/freebiespic)
Al-Quran kitab suci bagi Umat Islam (Pixabay/freebiespic)

KLIKANGGARAN -- Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. adalah Adam as. Manusia pertama ini dibekali dengan berbagai macam fasilitas yang tertanam di dalam dirinya. Seperti akal untuk berpikir, organ tubuh untuk bergerak, dan perasaan untuk memahami.

Selain itu, seluruh makhluk dan potensi alam diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mulai dari sumber alam yang berlimpah, sampai makhluk hidup yang saling bertautan untuk memberikan asupan kepada manusia.

Manusia ini sangat spesial. Ia diciptakan dengan berbagai kelengkapan kebutuhan hidup yang sudah sangat pas disiapkan oleh Allah Swt. Sang Pencipta seluruh alam.

Meskipun demikian, apakah mungkin manusia yang dibekali berbagai macam perlengkapan yang sempurna itu tidak memiliki tugas untuk menjalani kehidupan dunia ini?

Baca Juga: Melihat Uniknya Tradisi Ngabuburit Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan Menunggu Berbuka Puasa

Atau apakah mungkin manusia dihidupkan di dunia yang memiliki bekal yang lengkap ini dibiarkan begitu saja tanpa ada balasan yang kelak menemuinya ketika melakukan kebaikan atau keburukan?

Sudah pasti tidak. Manusia diberikan semua itu untuk menjalankan visi dan misi yang diembannya ketika penciptaannya dimulai.

Mari kita tanyakan hal tersebut kepada ulama, sang pewaris nabi. Adalah Badiuzzaman Said Nursi, ulama asal Turki yang membeberkan hakikat dari tugas utama manusia untuk hidup di muka bumi ini. Kita merujuk kepada bukunya Nasihat Spiritual, dalam Kalimat Kelima. Said Nursi memulainya dengan sebuah cerita imajiner.

 Baca Juga: Inilah Amalan dan Tata Cara Ibadah Malam Nisfu Sya'ban 1443 H yang Jatuh pada Kamis Malam 17 Maret 2022

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Suami Patuh, Ada Sesajen di Sudut Kamar!

Kamis, 29 September 2022 | 22:39 WIB

9 Tips Ampuh Gencet Pengeluaran di Tanggal Bokek

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:25 WIB
X