• Jumat, 1 Juli 2022

Kamu Kurang Bahagia? Yuk Olahraga! Kata Riset, Mereka yang Berolahraga Lebih Sehat Mentalnya, lho

- Minggu, 21 November 2021 | 06:21 WIB
Ilustrasi (Klikanggaran/@ratih_sugi)
Ilustrasi (Klikanggaran/@ratih_sugi)

KLIKANGGARAN--Kebahagian itu yang menciptakan diri sendiri. Ingin bahagia atau tidak, ya diri sendiri yang memilih. Menghadapi segala sesuatu yang dihadapi pun diperlukan keputusan sendiri, ingin dibuat mudah atau ribet, ya kamu yang memilih.

Setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk menciptakan kebahagiaan. Banyak orang bilang bahwa uang bisa menciptakan kebahagiaan.

Namun ternyata kebahagiaan berolahraga juga sama halnya ketika mempunyai uang. Hasil riset menunjukkan bahwa 1,2 juta warga Amerika yang rutin olahraga ternyata tingkat kesehatan mentalnya lebih tinggi 43 persen daripada mereka yang jarang atau tidak pernah fitnes ataupun latihan fisik.

Baca Juga: Sempat Terjadi Drama, Skor akhir 0-1 untuk Kemenangan Persija

Dikatakan juga bahwa olahraga cukup bisa membawa kebahagiaan seperti ketika karyawan mendapatkan kenaikan penghasilan hingga ratusan juta rupiah. Itu berarti olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa menciptakan kebahagiaan.

Nah, untuk kamu yang merasa kurang bahagia memang sebaiknya berlatihlah fisik dengan berolahraga. Karena berolahraga itu dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon kebahagiaan yang sangat baik untuk otak kamu.

Olahraga juga bisa mengurangi stress karena hormone kortisol yang memicu stress berkurang. Bukan hanya itu saja, olahraga juga dapat mengatasi depresi dan rasa cemas.

Baca Juga: Akhir Pekan Membara, Persija Berhasil Cetak Gol Pertama di Menit Tambahan

Para peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa berolahraga 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam dan nyatanya berolahraga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang ketika dalam suasana hati yang buruk.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB
X