• Jumat, 2 Desember 2022

Tujuh Sifat Utama Generasi Z yang Perlu Diketahui. Salah satunya FOMO. Seperti apakah FOMO itu?

- Senin, 6 September 2021 | 06:47 WIB
Ilustrasi gen z.(DNA India)
Ilustrasi gen z.(DNA India)

 

KLIKANGGARAN.Com- Sensus penduduk 2020 lalu menghasilkan data, 270% lebih dari 270 juta jiwa atau sekitar 74 juta lebih penduduk Indonesia adalah kelompok Generasi Z.  Jumlahnya paling besar di antara genarsi sebelumnya.

Generasi Z atau dikenal juga dengan Gen Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1995-2012. Sebagian dari mereka sudah memasuki dunia kerja, dan masih berada di bangku kuliah. Pasar kerja Indonesia saat ini dan ke depan akan diisi oleh Gen Z.

Generasi Z memiliki sifat yang berbeda dibandingkan generasi milenial atau generasi sebelumnya.  

Menurut David Stillman dan Jonah Stillman, ada tujuh sifat utama generasi Z. Ketujuh sifat utama itu adalah sebagai berikut:

1. Figital: Gen Z adalah generasi pertama yang lahir ke dunia di mana segala aspek fisik (manusia dan tempat) mempunyai ekuivalen digital. Bagi Gen Z, dunia nyata dan dunia virtual saling tumpang tindih. Virtual merupakan bagian dari realitas mereka.

Dunia kerja biasanya lambat beradaptasi terhadap solusi digital dan menghadapi tantangan yang tidak ada sebelumnya dalam hal mencari tempatnya di dunia phygital. Sejumlah 91% Gen Z mengatakan bahwa kecang-
gihan teknologi suatu perusahaan akan berdampak terhadap keputusan mereka bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Madu Sialang dari Ogan Komering Ulu (OKU) Miliki Banyak Khasiat. Petani Madu Kewalan Terima Pesanan

2. Hiper-Kustomisasi: Gen Z selalu berusaha keras mengidentifikasi dan melakukan kustomisasi atau penyesuaian identitas mereka sendiri agar dikenal dunia. Kemampuan mereka mengustomisasi segala sesuatu menimbulkan ekspektasi bahwa perilaku dan keinginan mereka sudah sangat akrab untuk dipahami.

Dari nama jabatan sampai jalur karier, muncul tekanan untuk melakukan penyesuaian. Ini menjadi hal sulit bagi dunia kerja, yang sepanjang sejarah terfokus untuk bersikap adil dan memberikan perlakuan yang sama bagi semua orang. Sejumlah 56% Gen Z lebih memilih membuat uraian pekerja an mereka sendiri daripada diberikan deskripsi yang sudah umum.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ayah Nasional, Netizen: Miss You Pah

Sabtu, 12 November 2022 | 14:04 WIB

Ingin Suami Patuh, Ada Sesajen di Sudut Kamar!

Kamis, 29 September 2022 | 22:39 WIB
X