• Minggu, 5 Desember 2021

Visitasi ke Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Ini Kata Menparekraf

- Senin, 30 Agustus 2021 | 17:01 WIB
Desa Wisata 2021 (Dok.Kemenparekraf.go.id)
Desa Wisata 2021 (Dok.Kemenparekraf.go.id)

Jakarta, Klikanggaran.com – Diketahui, baru-baru ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan visitasi ke desa wisata yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar). Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang ADWI 2021, sehingga dilakukan penilaian langsung (visitasi) oleh Menparekraf dan dewan juri.

Dalam kesempatan visitasi ini Menparekraf mengharapkan, kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 mampu mendongkrak daya tarik Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, khususnya kuliner yang menjadi salah satu kekhasan destinasi tersebut.

"Desa wisata ini terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik. Saya sangat terkesan dengan potensi kulinernya, dan ajang ADWI ini diharapkan dapat memperkuat potensi yang ada," kata Menparekraf, Sabtu sore (28/8/2021).

Baca Juga: Ada Selisih Perhitungan Rp 122,9 Miliar Atas Penggantian Nilai Investasi Divre Jateng Perum Perhutani

Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu memang memiliki kuliner yang khas. Salah satunya rendang sumpu yang memiliki cita rasa sedikit berbeda dengan rendang lainnya. Rendang Sumpu memiliki rasa manis yang tipis, namun tetap gurih dengan aromanya yang kuat.

Berbagai macam makanan selain rendang sumpu di antaranya adalah rebon, singgang sumpu, dan pangek sumpu. Tak kalah khas adalah pangek sasau, singgang, dan juga ikan bilih goreng. Bilih adalah jenis ikan yang akan dapat ditemukan di Danau Singkarak yang berbatasan dengan Nagari Sumpu. Mencicipi deretan kuliner khas ini, ditambah dengan pengalaman memasaknya langsung, menjadi paket wisata yang banyak ditawarkan ke masyarakat.

"Kehadiran Chef Vindex, sebagai salah satu dewan juri, dapat membantu desa wisata ini membangun story telling tentang kuliner tersebut sehingga dapat memperkuat daya tarik dan potensi kuliner dari desa wisata Nagari Sumpu. Jadi pembeda desa wisata Nagari Sumpu dengan desa wisata lainnya," kata Sandiaga.

Baca Juga: Menteri PPPA Apresiasi Gerakan Bantu Keluarga yang Hadir untuk Anak Kehilangan Orang Tua Karena Covid 19

Desa Wisata Kampuang Minang juga memiliki potensi budaya, yakni terdapat 70 rumah gadang yang beberapa diantaranya difungsikan sebagai homestay. Masyarakat dapat menginap di rumah tersebut dan merasakan pengalaman menjalani kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X