• Kamis, 29 September 2022

Masih dengan Semangat 45, Relawan Siaga dan Alumni ITB Ajak Masyarakat Donor Darah dan Peluncuran Satgas Oksigen Relawan Siaga

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:19 WIB
Donor Darah Relawan Siaga
Donor Darah Relawan Siaga


Jakarta, Klikanggaran.com – Hari ini, Selasa, 17 Agustus 2021, 76 tahun sudah Indonesia merdeka. Suasana yang biasanya gegap gempita hari ini tidak terdengar. Upacara peringatan di banyak tempat dilakukan secara daring, kalau pun dilakukan di lapangan tentu saja dengan peserta upacara terbatas dan protokol kesehatan yang masih sangat ketat.


Situasi ini tidak menurunkan semangat masyarakat Indonesi untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan di tengah wabah COVID-19. Salah satunya dilakukan oleh organisasi relawan kemanusiaan, Relawan Siaga, bersama Ikatan Alumni ITB. Keduanya menggelar aksi donor darah bertema “Donor Darah Wujudkan Persatuan dan Harapan” dalam rangka memeringati HUT RI ke 76 pada Selasa, 17 Agustus 2021.


“Kegiatan donor darah ini merupakan wujud persatuan dan harapan. Persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia yang melakukan aksi donor dan memberikan darahnya, serta harapan bagi seluruh masyarakat yang menerima donor. Ini wujud kerja sama nyata yang luar biasa,” tutur Ketua Dewan Pengawas Relawan Siaga sekaligus Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, dalam aksi donor darah yang digelar di Kantor DPP Relawan Siaga di Kawasan Condet, Jakarta Timur, Selasa (17/8/2021).


Stok Darah PMI


Jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun sejak terjadinya pandemi COVID-19. Untuk itu, Sandiaga mengajak masyarakat aktif melaksanakan kegiatan donor darah agar stok darah PMI tetap terjaga. Banyak masyarakat yang memerlukan sumbangan darah, apalagi para pasien penderita penyakit-penyakit tertentu seperti thalassemia, demam berdarah, kecelakaan, dan ibu yang sedang operasi saat melahirkan.


“Donor darah harus rutin dilakukan, sesuai jadwal yang sudah ada. Supaya kita terus bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah. Relawan Siaga salah satunya bekerja sama dengan Ikatan Alumni ITB untuk membantu PMI menjaga stok darahnya. Masyarakat juga bisa melakukan hal yang sama. Tinggal datang ke PMI atau ikut kegiatan donor darah rutin yang dilakukan Relawan Siaga,” kata Sandiaga.


Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni ITB, Gembong Primadjaya, mengatakan, Ikatan Alumni ITB menyampaikan rasa terima kasih kepada Relawan Siaga karena telah melibatkan organisasi mereka untuk bisa membantu masyarakat yang memerlukan darah.


“Aksi sosial seperti ini harus kita dukung penuh. Kami sebagai organisasi para alumni ITB sangat berterima  kasih kepada Relawan Siaga yang sudah memberi kesempatan kepada kami untuk berbagi. Kami berharap dalam berperan dalam kegiatan Relawan Siaga lainnya,” tutur Gembong Primadjaya.

Donor Darah

Donor darah yang diadakan di Kantor DPP Relawan Siaga pada Minggu pagi mulai pukul 08.00 WIB tersebut dibuka oleh Ketua Umum Relawan Siaga, Bapak Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo dan dihadiri ratusan jumlah peserta. Masyarakat tampak sangat antusias melakukan kegiatan tersebut.


Hadir dalam acara tersebut di antaranya  Mayjen (Purn) Galang Pambudi (Ketua Harian), HMBC Rikrik Rizkiyana (Sekjend), Wandi Yulius (Bendahara Umum), Aresdi Mahdi Asyathry (Kabid Komunikasi/Ketua Acara), dan Jeje Nurjaman (Kabid Kerjasama/ Wakil Ketua Acara), Gembong Primadjaja (Ketum IA ITB), Arya Sinulingga (Sekjen IA ITB), Batata Purba (Bendum IA ITB), Adrian Tiana (Ketua Stafsus IA ITB), Adamsjah Wahab (Ketua Badan Penanggulangan Bencana IA ITB).


Selain aksi donor darah, Relawan Siaga dan Ikatan Alumni ITB juga menyerahkan donasi kepada Relawan Siaga untuk aksi kemanusiaan lainnya.

Halaman:

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

X