• Selasa, 7 Februari 2023

Bikin Haru, Warga Desa Malimbu Ini Kembali ke Kampung Setelah Berpisah Keluarga Selama 34 Tahun

- Sabtu, 26 November 2022 | 14:43 WIB
Bikin Haru, Warga Desa Malimbu Ini Kembali ke Kampung Setelah Berpisah Keluarga Selama 34 Tahun (Dok. LHR)
Bikin Haru, Warga Desa Malimbu Ini Kembali ke Kampung Setelah Berpisah Keluarga Selama 34 Tahun (Dok. LHR)

KLIKANGGARAN -- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Luwu Utara berhasil memulangkan kembali warga desa Malimbu kecamatan Sabbang setelah merantau ke Negeri Jiran, Malaysia, sejak usia 17 tahun. Warga desa Malimbu yang kemudian diketahui bernama Sudarmin (51) ini kembali ke pelukan keluarga dalam kondisi yang menderita penyakit stroke.

Proses pemulangan Sudarmin difasilitasi oleh Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Sosial Kota Makassar. Berdasarkan informasi dari Dinas Sosial Luwu Utara, Sudarmin ditemukan telantar di Pelabuhan Makassar oleh Dinas Sosial Makassar. Kemudian kasus orang telantar ini dialihkan ke Dinas Sosial Provinsi untuk di-assesment lebih lanjut.

Dari hasil assesment Dinsos Sulsel, melalui pekerja sosial provinsi, diketahui bahwa Sudamin berasal dari dusun Mangkaluku desa Malimbu kecamatan Sabbang. “Berdasarkan informasi itu, Dinas Sosial Provinsi menghubungi kami, melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial,” kata Kadis Sosial Lutra, Ari Setiawan, Sabtu (26/11/2022), di Masamba.

Baca Juga: Inilah Kasus yang Kembali Menjerat Rapper Kanye West, Adidas Lakukan Penyelidikan, Apa Komentar West?

“Atas koordinasi yang baik dan intens antara Dinsos Provinsi Sulsel, Dinsos Makassar, Dinsos Luwu Utara, serta Pendamping Sosial TKSA dan kepala desa, maka bapak Sudarmin ini dapat dipulangkan kembali ke keluarga setelah berpisah selama 34 tahun,” sambung Ari. Proses pengembalian orang telantar ini berlangsung lancar tanpa hambatan.

Ari menceritakan proses pemulangan Sudarmin, Jumat 25 November 2022 pukul 21.48 WITA. Diungkapkannya, Sudarmin dipulangkan dalam keadaan sakit stroke. “Alhamdulillah, akhirnya pak Sudarmin kembali berkumpul bersama keluarga yang selama 34 tahun berpisah karena beliau merantau ke Malaysia sejak usianya baru 17 tahun,” ungkapnya.

Bikin Haru, Warga Desa Malimbu Ini Kembali ke Kampung Setelah Berpisah Keluarga Selama 34 Tahun (Dok. LHR)

Proses pemulangan tersebut, kata Ari, atas fasilitasi Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Dinas Sosial kota Makassar dan Dinas Sosial kabupaten Luwu Utara. “Berkat koordinasi yang intens antara tiga instansi tersebut, pak Sudarmin bisa kita pulangkan dan kembali ke kampung halamannya,” tutur mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Luwu Utara ini.

Baca Juga: Bupati MFA Memberikan Apresiasi Kepada Para Guru, Mendidik Pelajar Menjadi Generasi Emas di Batang Hari 

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X