• Kamis, 11 Agustus 2022

Tentara Ukraina Mendapat Pelatihan Militer di Eropa dari AS!

- Sabtu, 30 April 2022 | 19:33 WIB
Foto hanya ilustrasi (AFP / Anatolii Stepanov)
Foto hanya ilustrasi (AFP / Anatolii Stepanov)

KLIKANGGARAN -- Personel militer Ukraina menerima pelatihan Amerika di Eropa di tengah konflik dengan Rusia, Sekretaris Pers Pentagon John Kirby telah mengungkapkan.

“Saya dapat mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah memulai pelatihan dengan Angkatan Bersenjata Ukraina pada sistem kunci di instalasi militer AS di Jerman,” kata Kirby selama briefing pada hari Jumat, dikutip RT.com.

Sebagai bagian dari program yang dikoordinasikan dengan Berlin, pasukan Ukraina belajar mengoperasikan artileri, radar, dan kendaraan lapis baja.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, GP Ansor Kalideres Himbau Warga Berzakat di Masjid Terdekat

“Upaya pelatihan baru di Jerman dan di lokasi lain di Eropa ini secara langsung mendukung paket bantuan keamanan AS baru-baru ini yang dirancang untuk membantu Ukraina memenangkan pertempuran mereka hari ini dan membangun kekuatan untuk masa depan,” kata juru bicara itu, seraya mencatat bahwa AS telah berkomitmen menyiapkan $4,3 miliar untuk militer Ukraina sejak 2021.

Kirby menekankan bahwa Pentagon tidak memiliki rencana untuk mengirim instrukturnya ke Ukraina. “Pelatihan yang akan kita lakukan akan berada di luar” dalam negeri, ujarnya.

Tetapi kemungkinan prajurit di dalam Ukraina menerima pelatihan Amerika “secara virtual” sedang dieksplorasi, tambahnya.

Baca Juga: Inilah Profil dan Biodata Iqlima Kim, Mantan Aspri yang Akan Dipolisan oleh Hotman Paris Hutapea

Sekutu AS, Inggris, juga membantu pasukan Ukraina untuk meningkatkan keterampilan tempur mereka, dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pekan lalu bahwa “kami saat ini melatih warga Ukraina di Polandia dalam penggunaan pertahanan anti-pesawat, dan sebenarnya di Inggris dalam penggunaan kendaraan lapis baja.”

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X