• Sabtu, 10 Desember 2022

Pengusaha Ancam Boikot Program Subsidi Minyak Goreng, MAKI: Pemerintah Harus Tegas

- Jumat, 22 April 2022 | 19:27 WIB
Boyamin Saiman (MAKI) melaporkan Wakil Ketua KPK (Dok.Kompas.com)
Boyamin Saiman (MAKI) melaporkan Wakil Ketua KPK (Dok.Kompas.com)

KLIKANGGARAN -- Imbas penetapan empat orang tersangka terkait kasus ekspor minyak goreng atau CPO oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), dikabarkan bahwasanya terdapat ancaman yang dilakukan pengusaha untuk menarik diri dari program minyak goreng subsidi.

Padahal, para tersangka tersebut yang mengakibatkan harga minyak goreng melambung tinggi bahkan kelangkaan di berbagai wilayah Indonesia.

Akan tetapi, para pengusah justru balik mengancam untuk memboikot agar tidak tergabung dalam program subsidi minyak goreng.

Atas ancaman pengusaha tersebut, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), meminta agar Pemerintah untuk bersikap tegas.

MAKI meminta Pemerintah mencabut Hak Guna Usaha (HGI) lahan perkebunan dan Izin Usaha Perkebunan (IUP) dari pengusaha sawit yang mengancam memboikot program minyak goreng subsidi.

"Haruslah disadari bahwa perkebunan sawit seluas 9 juta hektar milik swasta sebenarnya adalah milik negara, karena asalnya dari alih fungsi hutan atau pembebasan lahan atas izin Pemerintah. Jadi, semestinya para pengusaha harus taat dan patuh aturan dalam menjalankan bisnisnya, serta tidak ada tempat untuk main ancam program pemerintah dalam program subsidi minyak goreng," ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, Jumat (22/3).

"Padahal Pemerintah telah berbaik hati mengganti biaya sehingga pengusaha tetap untung, pengusaha tetap tidak merugi, janganlah air susu dibalas air tuba," sambung Boyamin.

Selain itu, kata Boyamin, Pemerintah juga harus mencabut izin ekspor bagi para pengusaha CPO yang nakal.

Selama ini Pemerintah telah memberikan fasilitas ekpor kepada pengusaha CPO sehingga mereka telah memperoleh keuntungan ratusan triliun, dan itu berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu, namun justru saat rakyat kesusahan akibat ulah nakal mereka, justru malah mengancam memboikot program pemerintah.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erina Gudono Disebut Mirip Iriana Jokowi, Apanya?

Jumat, 9 Desember 2022 | 13:51 WIB
X