• Kamis, 29 September 2022

Ternyata Ada Gubernur yang Tak Hadir saat Prosesi Penyatuan Tanah dan Air yang Digelar di Titik Nol IKN

- Selasa, 15 Maret 2022 | 19:30 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin upacara prosesi penyatuan tanah dan air dalam satu gentung di Titik Nol IKN Nusantara, Senin (14/3/2022) (setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo memimpin upacara prosesi penyatuan tanah dan air dalam satu gentung di Titik Nol IKN Nusantara, Senin (14/3/2022) (setkab.go.id)

KLIKANGGARAN--Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar ritual prosesi penyatuan tanah dan air di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara, pada Senin (14/3/22) pagi. Dalam ritual tersebut, beberapa pejabat ikut hadir. Termasuk gubernur se-Indonesia. Sayangnya, dari 34 gubernur, terdapat enam gubernur yang tak hadir saat prosesi penyatuan tanah dan air yang digelar di IKN.

Keenam gubernur tak hadir karena alasan kesehatan. Meskipun tak hadir, para gubernur tetap mengirimkan sejumlah perwakilan. “Semua izin karena kondisi kesehatan kurang fit, karena kondisi kesehatannya” kata Kepala Kesekretariatan Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono dikutip dari Kompas.com. Terlihat dalam siaran langsung akun Youtube Sekretariat Presiden Senin pagi.

Gubernur Papua Lukas Enembe yang tak hadir mendapat urutan ketiga. Diwakili oleh asisten tiga, Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu.

Gubernur Banten Wahidin Halim juga tak hadir, mengutus Wakil Gubernur Andika Hazrumy untuk menggantikannya menghadiri serta menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Fuji Utami, Adik Vanessa Angel Akui Pernah Terima Uang dari Indra Kenz, Akankah Terseret?

Selanjutnya, Gubernur Bali Wayan Koster yang turut absen dalam prosesi penyatuan tanah dan air. Wakil Gubernur Bali Oka Artha menjadi perwakilan untuk menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rahman pun tak hadir pada Senin pagi. Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah yang mewakili untuk hadir menyerahkan tanah dan air kepada Presiden.

Kemudian, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang turut absen dalam acara tersebut. Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menggantikannya untuk menyerahkan tanah dan air kepada Presiden.

Terakhir, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengakhiri daftar gubernur yang tak hadir dalam prosesi penyatuan tanah dan air di IKN. Ia diwakili oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X