• Jumat, 12 Agustus 2022

Ukraina dan Rusia akan Berdialog: Zelensky Akan Melakukan Apa pun untuk Rakyat Ukraina

- Senin, 28 Februari 2022 | 08:58 WIB
Ilustrasi: bendera Ukraina (Pixabay/jorono)
Ilustrasi: bendera Ukraina (Pixabay/jorono)

KLIKANGGARAN--Presiden Ukraina Zelensky memberikan peryataan dalam sebuah video (27/2). Video tersebut dibuat setelah berdiskusi dengan pemimpin Belarusia dan sekutu Moskow Alexander Lukashenko.

Dalam video tersebut, Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa delegasi Ukraina dan Rusia akan bertemua tanpa syarat di perbatasan Belarusia pada hari Senin (28/2).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun menjelaskan bahwa dia akan 'mencoba' untuk berdialog dengan Rusia walau merasa tidak yakin. Presiden Ukraina menyatakan bahwa hasil apa pun akan datang dari pertemuan itu, dia akan melakukan semua yang dia bisa untuk rakyat Ukraina.

Baca Juga: Inilah Syarat Karantina 3 Hari bagi WNI/WNA dari Luar Negeri yang Berlaku Mulai 1 Maret 2022

Zelensky menegaskan bahwa Lukashenko mau bertanggung jawab memastikan pesawat, helikopter, dan misil yang siaga di Belarusia tidak bergerak saat delegasi Ukraina berada di lokasi pertemuan.

"Saya akan jujur, seperti biasa: Saya tidak terlalu percaya dengan hasil pertemuan ini, tetapi biarkan mereka mencoba," kata Zelensky dalam pidato video. Dia menambahkan bahwa jika ada "peluang" untuk mengakhiri perang, dia harus mengambil bagian dalam pembicaraan,” kata Zelensky dalam video yang disiarkan di ABC News.

Perkembangan tersebut terjadi di hari keempat invasi Rusia.

 

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X