• Jumat, 12 Agustus 2022

Inilah Alasan Myanmar Beri Dukungan Rusia Invasi Ukraina, Singgung Kedaulatan Negara

- Senin, 28 Februari 2022 | 07:47 WIB
Artileri Rusia berlatih menembak selama latihan militer Union Courage-2022 di Belarus, 15 Februari 2022 (Russian Defense Ministry Press Service)
Artileri Rusia berlatih menembak selama latihan militer Union Courage-2022 di Belarus, 15 Februari 2022 (Russian Defense Ministry Press Service)

KLIKANGGARAN - Tidak semua negara di dunia mengecam invasi Rusia ke Ukraina. Bahkan ada sejumlah negara yang secara terang-terangan mendukung serangan Rusia ke Ukraina.

Salah satu negara yang mendukung tindakan Putin menggempur Ukraina adalah Myanmar.

Dukungan Myanmar kepada Rusia yang sedang melakukan invasi ke Ukraina disampaikan oleh juru bicara Junta Militer-Nya yakni Zaw Min Tun. Dia menjelaskan mengapa Myanmar mendukung Rusia.

“Pasukan Rusia sudah melakukan tindakan yang benar untuk mempertahankan kedaulatan mereka,” tegas Zaw Mintun yang dikutip dari AFP.

“Rusia menunjukkan posisinya kepada dunia sebagai kekuatan dunia,” lanjutnya.
Rusia dan Myanmar memiliki hubungan diplomatik yang hangat. Terlihat beberapa kali Rusia dan Myanmar melakukan Kerjasama.

Baca Juga: Peristiwa Isra Mikraj Dalam Penjelasan Ahli Teori Fisika, Terdapat 3 kunci Asra, Abdi dan Layl, Apa Maksudnya?

Dikutip dari CNN bahwa Pada 2021 lalu, kepala Junta Militer Myanmar, Min Aung Hlaing mengunjungi Rusia dan bertemu dengan eksportir senjata Negeri Beruang Merah, Rosoboronexport di Moskow. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas soal kerja sama militer kedua negara.

Sampai saat ini, data dari PBB mencatat bahwa 64 warga sipil tewas dan lebih dari 160.000 lainnya mengungsi ketika Rusia mulai menyerang Ukraina.

Baca Juga: Menhub Bilang Naik Angkutan Umum di Kota Palembang Semakin Nyaman, Apa Alasannya?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X