• Jumat, 22 Oktober 2021

Overcrowded di Rutan Pelanggaran HAM, AMPPAS Ajak Gubsu Jalan-Jalan ke Rutan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:47 WIB
AMPPAS mengupas permasalahan rutan di Indonesia (Dok.klikanggaran.com/AMPPAS)
AMPPAS mengupas permasalahan rutan di Indonesia (Dok.klikanggaran.com/AMPPAS)

Klikanggaran.com - Overcrowded dalam konteks kapasitas narapidana di dalam lapas/ rutan, menjadi salah satu penyumbang persoalan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Berdasarkan data yang diperoleh AMPPAS diketahui, masyarakat melihat rendahnya sanitasi, kurangnya sirkulasi udara, dan minimnya asupan nutrisi turut berkontribusi pada penurunan kondisi kesehatan tahanan di rutan.

Kondisi rutan di Indonesia yang overcrowded akut menjadi salah satu akar masalah banyaknya penghuni penjara yang menderita gangguan pernapasan. Tak hanya itu, penghuni penjara mengalami juga banyak yang gangguan pencernaan sebelum mereka meninggal.

Baca Juga: Direktur TV Swasta Lokal Ditangkap Polres Metro Jakarta Pusat, Kenapa ya?

AMPAS mencatat, pada tahun 2019 untuk Rutan Labuhan Deli Kanwil Kemenkum HAM Sumut telah mengalami overcrowded tingkat hunian. Diketahui, di Rutan Labuhan Deli sudah mencapai hampir 1600 tahanan/narapidana. Padahal kapasitas daya tampung gedung hanya 363 tahanan/narapidana.

Menurut Rahmadsyah, persoalan sesaknya penjara karena jumlah narapidana ataupun tersangka yang masuk ke dalam penjara, tidak sebanding dengan jumlah yang keluar.

Baca Juga: Asteroid yang Lebih Besar dari Piramida Giza Akan Melewati Bumi dengan Kecepatan 56.000 Km/Jam, Subhanallah!

"Catatan kami soal penuh sesaknya lapas di Indonesia berkaitan dengan jumlah pidana yang begitu tinggi, terutama jumlah pidana narkotika," kata dia.

AMPPAS berharap, Gubernur Sumatera Utara bisa melakukan pemantauan, termasuk melakukan langkah-langkah evaluasi ataupun inspeksi bersama dengan Ketua DPRDSU.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketika Gempa Menggoyang Kota Malang dan Sekitarnya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:13 WIB

Panas Ekstrem di Bali, Ini Kiat Menghalaunya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:52 WIB
X