• Minggu, 5 Desember 2021

Ratusan Nelayan Tegal Demo Tolak Kenaikan PNBP dan Pungutan PHP. Nelayan Ancam Mogok

- Senin, 27 September 2021 | 16:27 WIB
Massa nelayan menggelar aksi demo menolak kenaikan PNBP dan PHP di depan gedung DPRD Kota Tegal, Senin  27 September 2021 (K.Wijayanto)
Massa nelayan menggelar aksi demo menolak kenaikan PNBP dan PHP di depan gedung DPRD Kota Tegal, Senin 27 September 2021 (K.Wijayanto)


Tegal, KLIKANGGARAN.COM -Ratusan nelayan Tegal Senin 27 September 2021,  menggelar demo di depan gedung DPRD, menolak kenaikan tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Pungutan Hasil Perikanan (PHP) sebesar 400 persen. Para nelayan mengancam mogok jika tuntutan tidak dikabulkan.

Para nelayan eks centrang menolak PP nomor 85 tahun 2021 yang mengatur kenaikan PNBP dan PHP serta keputusan menteri Kelautan Perikanan nomor 86 dan 87 tahun 2021 yang mengatur harga patokan ikan mendapat penolakan dari para nelayan di Kota Tegal.

Para nelayan meminta dukungan wali kota Tegal dan DPRD kota Tegal agar menyurati Presiden, dengan tembusan Menteri Kelautan Perikanan, Menko Maritim dan Ivestasi dan Menteri Keuangan.

Baca Juga: Dugaan Terkait Fee Proyek, Penyidik KPK Geledah Kantor DPRD Muara Enim

Nelayan juga menuntut kebijakan kementerian terkait yang tidak memihak kepada nelayan indonesia harus dievaluasi.

Mereka meminta kenaikan PHP maksimal 50 persen dari sebelumnya, menolak nelayan asing dan menolak denda keterlambatan membayar visual monitoring system (VMS).

Menurut para pendemo, dulu nelayan harus membayar PHP dimuka sebesar Rp. 90 juta untuk satu tahun. Sekarang dengan aturan yang baru nelayan harus membayar dimuka kurang lebih Rp. 400 juta.

Baca Juga: Jateng Music Awards 2021 Digelar. Bersiaplah menjadi saksi kemajuan industri musik di Jawa Tengah

"Dengan 90 juta saja kami masih ada yang bahasanya itu berat namun tetap bisa jalan. Namun sekarang naik 400 persen kami sangat keberatan," ujar Said, koordinator aksi yang juga Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT).

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X