• Sabtu, 4 Desember 2021

Tindak Lanjuti Pernyataan Jokowi Soal Varian Baru MU, Ini Langkah-Langkah Kemenhub

- Rabu, 8 September 2021 | 11:41 WIB
Jokowi meminta Menhub untuk membantu mencegah masuknya varian baru ke Indonesia (Dok.Klikanggaran.com/dephub.go.id)
Jokowi meminta Menhub untuk membantu mencegah masuknya varian baru ke Indonesia (Dok.Klikanggaran.com/dephub.go.id)

Jakarta, Klikanggaran.com - Presiden RI, Joko Widodo, dalam pernyataannya pada Rapat Evaluasi PPKM, Senin (6/9), menyatakan agar waspada terhadap adanya varian baru Covid-19 (varian Mu atau B.1.621). Jokowi menyampaikan hal ini menyusul merebaknya virus Corona varian Delta dan varian Mu.

Selain meminta pada seluruh masyarakat agar tak abai, Jokowi juga meminta Menhub untuk membantu mencegah masuknya varian baru tersebut ke Indonesia.

Jokowi juga mengingatkan, Covid-19 tidak akan hilang, tapi penularan penyakit itu bisa dikendalikan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis, Sektor Parekraf Akan Pulih Setelah Pandemi

Menindaklanjuti pernyatan Jokowi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah varian baru Covid-19, yaitu varian Mu, masuk ke Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, telah meminta jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yakni Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan Covid-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya.” Demikian disampaikan Menhub, Selasa (7/9).

Menhub mengatakan, untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, salah satunya perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara internasional maupun pelabuhan internasional.

Baca Juga: Rekreasi Yuk ke Qingyuan, Mengingat Misteri dan Fenomena Kembarnya

“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan Kemenlu, KKP, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” ujar Menhub.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X