• Sabtu, 20 Agustus 2022

Seni Adalah Aktualisasi Diri, FLS2N 2021 Mengasah Kreasi Para Seniman Muda

- Rabu, 1 September 2021 | 19:09 WIB
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 (Dok.kemdikbud.go.id)
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 (Dok.kemdikbud.go.id)

Jakarta, Klikanggaran.com - Seni merupakan aktualisasi diri yang tidak muncul dengan sendirinya. Seni harus digali dan dijadikan sebagai gaya hidup dan menjadi pegangan untuk terus berkembang. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, dalam kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 secara daring, pada Selasa (31/8).

Melalui FLS2N 2021 dengan tema “Seni Pulihkan Negeri”, Suharti berharap para seniman muda ini bisa menciptakan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk berkreasi menciptakan kesenian yang baru.

Masih dalam acara FLS2N 2021 Suharti mengatakan, Seni perlu menjadi kegiatan yang terus-menerus sepanjang tahun. Seni tidak hanya sebatas bergerak di waktu-waktu tertentu saja meskipun tidak dalam konteks kejuaraan, olimpiade, atau festival.

Baca Juga: Perum Perhutani Terlambat Bayar Gedung Zuria dan Wajib Bayar Denda Sebesar Rp1,5 Miliar Lebih

“Berseni bisa dilakukan dari hari ke hari,” ujar Suharti. “Alangkah baiknya semuanya kemudian berjejaring untuk membentuk simpulan, untuk saling bekerja sama dan berkreasi menciptakan sesuatu yang baru. Kita tidak hanya ingin membuat seni tradisi itu terus tumbuh tetapi kita juga ingin mengembangkan seni dan budaya,” lanjutnya.

Adapun peserta yang terdaftar pada FLS2N 2021 sebanyak 1.883 siswa dengan total karya yang sudah masuk ke panitia sebanyak 1.220 karya.

Pada jenjang SD terdapat lima jenis kesenian yang akan dilombakan antara lain seni tari, menyanyi tunggal, kriya anyam, gambar bercerita, dan pantomim yang diikuti oleh 256 siswa dengan jumlah 160 karya.

Baca Juga: FLS2N 2021 Bertema Seni Pulihkan Negeri, Peserta Didik Berjuang di Tengah Pandemi

Pada jenjang SMP, ada lima lomba kreativitas tari, lomba menyanyi solo, gitar duet, musik tradisional, dan desain poster yang akan diikuti oleh 467 siswa dengan 167 karya yang sudah terdaftar. Pada jenjang SMA, peserta yang terdaftar sebanyak 414 siswa dengan 369 karya yang terdiri dari 11 lomba seni yaitu baca puisi, cipta lagu, desain poster, film pendek, gitar solo, komik digital, kriya, monolog, tari kreasi, vokal solo putra, dan vokal solo putri.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda Luwu Utara Serahkan KUA-PPAS APBD 2023 ke DPRD

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:32 WIB
X