• Sabtu, 29 Januari 2022

Kuliah Perdana PBSI UNJ, Bahasa Indonesia Butuh Sikap

- Selasa, 6 September 2016 | 08:59 WIB
images_berita_Ags16_bindo4
images_berita_Ags16_bindo4

Jakarta, Klikanggaran.com - Ilmu Bahasa Indonesia Bukan Hanya Pilihan Tapi Sikap; Kuliah Perdana Mahasiswa Baru 2016 PBSI FBS Universitas Negeri Jakarta. Kekuatan seluruh ilmu dan keahlian terletak pada bahasa. Tanpa bahasa yang baik maka ilmu tidaklah bermakna. Itulah hebatnya ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kalimat semangat dan komitmen di atas menjadi simpulan dalam kegiatan Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Tahun 2016 Program Strudi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS Universitas Negeri Jakarta di Kampus UNJ, Senin 5 September 2016.

 

-

Bertajuk Talkshow Alumni, kuliah perdana ini mengambil tema “Melalui Berbagi Pengalaman Alumni, Kita Capai Tiga Profil Lulusan Program Studi PBSI FBS UNJ Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia”.

Acara yang dibuka oleh Sri Suhita (Wakil Dekan III FBS) dan N. Lia Marliana (KaProdi PBSI UNJ) itu menampilkan pembicara: Syarifudin Yunus, M.Pd. (Praktisi Bahasa Indonesia/Ketua IKA BINDO UNJ), Dr. Agus Trianto, M.Pd. (Peneliti/Dosen & Ahli Kurikulum), Desly Wahyuni, M.Pd. (Guru & KepSek SMK 41 Jakarta) dan moderator Drs. Sam Mukhtar Chaniago (Dosen PBSI UNJ). Semua pembicara sekaligus Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNI, anggota IKA BINDO UNJ. Tidak kurang dari 150 mahasiswa ikut hadir dalam acara ini dengan penuh antusias.

Di tengah “serangan yang konsisten” orang Indonesia lebih suka berbahasa asing. Sangat penting menanamkan sikap cinta dan bangga kepada mahasiswa baru yang memilih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ. Karena mereka bukan hanya telah “memenangi” persaingan untuk mendapatkan tempat terhormat menjadi mahasiswa UNJ, tapi ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia sungguh pantas menjadi pilihan untuk meraih kesuksesan dalam karier dan profesi setelah lulus nanti.

“Sebagai calon pejuang sejati ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, kita harus punya sikap terhadap Bahasa Indonesia. Salah satu sikap penting yang harus dimiliki adalah tidak menyepelekan ilmu Bahasa Indonesia. Tekun belajar dan kuasai ilmunya, maka Bahasa Indonesia akan ‘menghidupkan’ kita,” ujar Syarifudin Yunus, praktisi dan profesional yang berlatarbelakang ilmu Bahasa Indonesia.

Kuliah perdana mahasiswa baru Program Studi PBSI FBS UNJ ini bertujuan untuk membangkitkan semangat juang generasi muda penerus ilmu Bahasa Indonesia. Agar Bahasa Indonesia tidak hanya menjadi “tuan rumah” di negeri sendiri. Tapi, menjadi pilihan yang pantas dijadikan sebagai tumpuan dalam meniti karier dan profesi yang menjanjikan, baik sebagai guru/dosen, praktisi komunikasi, penulis, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

Kemendikbudristek Digugat ke PTUN

Jumat, 28 Januari 2022 | 06:36 WIB
X