MAKI Soroti Peran Pengawalan Kejati Sumsel atas Proyek Site Development

- Rabu, 24 Februari 2021 | 16:49 WIB
Feri Kurniawan 0021
Feri Kurniawan 0021


Palembang,Klikanggaran.com - Bagian perencanaan PU Perkim Sumatera Selatan (Sumsel) menyusun Detail Estimate Eningeering (DED) Site Development kantor baru Gubernur Sumsel pada tahun 2021. DED ini termasuk juga satuan harga pekerjaan direncanakan pada tahun yang sama dengan pelaksanaan pekerjaan. Diketahui, Dinas PU Perkim Sumsel menggandeng bagian Intel Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel dalam pengawalan proyek tersebut.


Menanggapi hal itu, Deputy MAKI Sumsel, Ir Feri Kurniawan, menuturkan bahwasannya paket kejar tayang tersebut terlaksana pada akhir tahun anggaran dengan nilai Rp145 miliar dan waktu pelaksanaan 100 hari kerja.


"Oleh karena DED satu paket dengan pelaksanaan, pekerjaan site development penimbunan rencana perpindahan kantor gubernur ini mengalami keterlambatan. Paket kejar tayang ini juga merubah spesifikasi pekerjaan, yaitu dari pengadaan pasir urug dirubah menjadi urug-an tanah (Contrack Change Order)," ujar Feri pada Klikanggaran.com, Rabu (24-2).


Menurut Feri, perubahan spesifikasi material ini terkesan mendapat restu bagian Intel Kejati Sumsel karena  terlaksana sampai akhir.


"Akan tetapi, menjadi masalah dalam pembayaran termin karena satuan harga pengadaan tanah urug tidak dalam kontrak pengadaan," imbuhnya.


Masalah lain yang muncul, kata Feri, harga satuan urug-an tanah berdasarkan kesepakatan bukan melalui proses lelang.


"Tentunya hal ini berindikasi melanggar aturan lelang pengadaan barang jasa dan berpotensi melanggar undang - undang No. 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat," ujarnya.


Selaku tim pengawalan, sejatinya bagian Intel Kejati Sumsel, Feri beranggapan agar memberi saran terkait pengerjaan proyek kejar tayang tersebut.


"Tim perencanaan PU Perkim Sumsel dalam persyaratan lelang mengharuskan kepada peserta lelang untuk menyiapkan peralatan sedot pasir yang tertuang didalam RKS yang tertuang di dalam BQ (Bill Of Quantity)."

Halaman:

Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

X