• Minggu, 27 November 2022

Mengapa FIFA Melarang Pengenaan Ban Kapten OneLove Selama Piala Dunia 2022 di Qatar?

- Selasa, 22 November 2022 | 09:19 WIB
FIFA melarang kampanye antidiskriminasi dan pengenaan ban kapten OneLove selama Piala Dunia 2022 di Qatar. (fifa.com)
FIFA melarang kampanye antidiskriminasi dan pengenaan ban kapten OneLove selama Piala Dunia 2022 di Qatar. (fifa.com)


KLIKANGGARAN – Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA melarang pengenaan ban kapten OneLove bergambar pelangi selama pelaksanaan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dalam keterangan resminya, FIFA menyatakan selama Piala Dunia 2022 di Qatar tidak ada atau dilarang melakukan kampanye antidiskrimanasi.

Ban kapten warna pelangi bertuliskan OneLove yang rencananya akan dikenakan oleh tujuh negara peserta Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bentuk kampanye antidiskriminasi dan dukungan untuk komunitas LGBTQ+.

Baca Juga: Jika Gempa Cianjur Hanya 5,6 Magnitudo, Lalu Mengapa Begitu Menghancurkan? Inilah Penjelasan BMKG

Semula FIFA menyetujui pelarangan kampanye antidiskriminasi dilakukan mulai tahap perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tetapi kemudian FIFA mengubah keputusan tersebut, dan memajukan pelarangan kampanye tanpa diskriminasi mulai pertandingan penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Qatar.

“Setelah diskusi, FIFA dapat mengonfirmasi bahwa kampanye Tanpa Diskriminasi telah dimajukan dari tahap perempat final yang direncanakan agar 32 kapten memiliki kesempatan untuk mengenakan ban kapten ini selama FIFA World Cup Qatar 2022™,”tulis FIFA dalam keterangan resminya, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Gempa Bumi di Cianjur Hancurkan Bangunan, Warga Panik sampai Banyak yang Trauma

FIFA berdalih, pelarangan pengenaan ban kapten OneLove itu sesuai dengan peraturan FIFA pasal 13.8.1.

“Hal ini sejalan dengan Pasal 13.8.1 dalam Regulasi FIFA, yang menyatakan: “Untuk Kompetisi Final FIFA, kapten dari setiap Tim harus mengenakan ban kapten yang disediakan oleh FIFA,” tulis FIFA.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: FIFA.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X