• Selasa, 18 Januari 2022

Imam Nahrawi: Taufik Hidayat Seharusnya Bisa Ditetapkan sebagai Tersangka

- Sabtu, 20 Juni 2020 | 06:21 WIB
taufik hidayat
taufik hidayat


JAKARTA, Klikanggaran.com - Taufik Hidayat seharusnya bisa ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu tertuang dalam nota pembelaan alias pledoi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.


Imam mengatakan bahwa sikap ketidaktahuan atas penerimaan uang bukanlah dalil yang bisa membebaskan Taufik Hidayat dari perbuatan tindak pidana.


Baca juga: Diperkirakan Kebutuhan Pembiayaan Utang Naik hingga Rp905,2 Triliun


Dalam nota pembelaannya, Jum'at (19-6-2020), Imam mengatakan, "Seharusnya bila ini dipaksakan menjadi perkara suap, secara logika Taufik Hidayat juga menjadi tersangka suap sebagai perantara, tidak pandang bulu beliau mengerti atau tidak uang itu harus diapakan atau dikemanakan.”


Dalam persidangan sebelumnya, Taufik Hidayat sempat mengakui menjadi perantara uang Rp1 miliar kepada Imam. Taufik, saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) periode 2016 - 2017. Dia menjadi saksi untuk Imam Nahrawi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.


Uang itu diketahui adalah pemberian Direktur Perencanaan dan Anggaran Program Satlak Prima Tommy Suhartanto.


Lebih lanjut, dalam pledoinya Imam mengaku tidak pernah menikmati uang Rp11,5 miliar dan Rp8,64 miliar sebagaimana tuntutan jaksa. Sementara, terkait uang senilai Rp1 miliar dari Satlak Prima dia berdalih itu tanpa sepengtahuannya.


Baca jga: Erick Thohir Rombak Direksi Pelindo III, 5 Direktur Dicopot


"Saya tegaskan sekali lagi saya tidak pernah memerintahkan apalagi meminta kepada dan untuk siapa pun, saya tidak pernah mendapat informasi dari mereka Taufik Hidayat, Supriyono, Lina Nurhasanah, apalagi Budi Pradono. Apakah ketidaktahuan ini menjadi tanggung jawab saya secara pidana juga? Mengingat mereka yang telah bermain api dan mengatasnamakan saya?," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

X