• Kamis, 9 Desember 2021

Habislah Sudah Masa yang Suram, Selesai Sudah Pmii Jadi Penonton

- Senin, 19 April 2021 | 13:34 WIB
bendera pmii
bendera pmii


Opini dari M. Hanif Dhakiri, Sekretaris Jenderal, Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni PMII (PB IKA-PMII)





Enam puluh satu tahun sudah PMII hadir dan berkiprah. Zaman dan pemimpin berganti. Tapi PMII tetaplah Islam, tetaplah Indonesia. Dua tarikan ideologis dalam satu nafas pergerakan. Menghidupi Islam di tanah Nusantara, sekaligus menghidupi negara-bangsa yang majemuk.


Di hari bersejarah 17 April 2021 ini, warga pergerakan patut bersyukur. Bahwa sampai hari ini dan hingga kapan pun, kita adalah warga pergerakan. Bagian dari rakyat Indonesia yang dengan sadar memberikan hati, jiwa dan pikirannya untuk Islam yang benar dan bangsa yang jaya, NKRI yang berdasar Pancasila.


Sebagai warga pergerakan, kita patut bersyukur karena dua alasan. Pertama, bersyukur karena kita benar. Benar dalam beragama dan benar dalam bernegara. Kedua, bersyukur karena kita pewaris sah republik ini. Karena itu, kita memiliki hak sejarah untuk ikut serta mengatur NKRI.


Kita benar dalam beragama dan bernegara karena kita, warga pergerakan, adalah anak kandung Nahdlatul Ulama (NU). Sebagai anak kandung NU, beragama kita adalah beragama ala NU. Bernegara kita juga ala NU. Keduanya benar adanya. Itu yang wajib kita yakini dan sadari dalam seluruh gerak keislaman dan kebangsaan. Nahnu ashabul haq. Kita adalah pemilik kebenaran.


*


Kita benar dalam beragama karena PMII mewarisi tradisi keagamaan (amaliyah), pemikiran (fikrah) dan gerakan (harakah) NU. Tradisi, pemikiran dan gerakan itu disandarkan pada akidah Aswaja (Ahlussunnah Waljama'ah) yang moderat (tawassuth), seimbang (tawazun), toleran (tasamuh) dan adil (i’tidal).


Ideologi Aswaja menempatkan PMII dalam tradisi berpikir wasathiyah  (moderat), suatu konstruksi pemikiran yang merupakan sebaik-baik perkara, selaras dengan hadits Nabi SAW: ‘Khoirul umuri awsathuha’ (Sebaik-baik perkara adalah yang di tengah-tengahnya).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bagaimana Drakor Meracuni Anda? Ini Contohnya

Senin, 29 November 2021 | 22:55 WIB

Jejak Islam di Bali

Sabtu, 27 November 2021 | 17:22 WIB

Pengen ke Bali Lagi? Jalan-Jalan ke Bukit Cinta, yuk!

Jumat, 26 November 2021 | 16:29 WIB

Nyai Sampur dalam Wisata Mistis Gunung Kawi

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB

Cirebon Tidak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Mataram

Senin, 22 November 2021 | 21:02 WIB

Syukur Waktu 10, Mari Bangkit dan Berkarya !!!

Selasa, 16 November 2021 | 21:28 WIB
X