• Sabtu, 27 November 2021

Baznas Banyumas Sediakan Rumah Singgah untuk Warga Kurang Mampu yang Berobat di Yogyakarta

- Kamis, 16 September 2021 | 19:03 WIB
Pengurus BAZNAS Banyumas saat kunjungi rumah singgah tersebut berada di Blunyah Gede RT 05 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, Kamis (16/09/2021). (BAZNAS Banyumas)
Pengurus BAZNAS Banyumas saat kunjungi rumah singgah tersebut berada di Blunyah Gede RT 05 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, Kamis (16/09/2021). (BAZNAS Banyumas)
 
BANYUMAS, Klikanggaran.Com --Banyaknya warga Banyumas yang tidak mampu, untuk berobat di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta, menginisiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas menjalankan peran sosial demi meringankan beban warga kurang mampu, dengan menyiapkan rumah singgah.
 
Rumah singgah tersebut berada di Blunyah Gede RT 05 Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta.
 
Rumah singgah di Kota Yogyakarta ini diperuntukkan bagi warga Banyumas yang kurang mampu yang akan berobat ke Yogyakarta khususnya di Rumah Sakit Sarjito, karena dekat dengan RS tersebut.
 
"Program rumah singgah ini kita buat untuk ikut ambil peran dalam meringankan beban keluarga yang sedang mengalami kesulitan, baik dari sisi ekonomi maupun penginapan saat rawat jalan atau kontrol ulang ke Yogyakarta,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Banyumas KH Umar HR, Kamis (16/09/2021) saat mengunjungi rumah singgah.
 
Menurutnya untuk bisa menginap di rumah singgah Baznas, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon penghuni, antara lain ber-KTP Banyumas, surat keterangan tidak mampu.
 
Selain itu harus ada keterangan dari pihak rumah sakit yang menyatakan bahwa pasien memang sedang menjalani perawatan, kontrol ulang atau sebagai pendamping keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit di Kota Yogyakarta
 
“Rumah singgah tersebut gratis, tidak dipungut biaya bahkan disiapkan makan selama di rumah singgah dan jika memerlukan fasilitas transportasi Baznas menyiapkan,” ujarnya.
 
 
 
KH Umar berharap layanan ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat.  “Alhamdulullah mulai awal tahun kita sudah operasional sekitar bulan Februari,” lanjutnya.
 
Cahyo Widodo yang diberi amanah untuk menjaga rumah singgah mengatakan, setiap hari ada yang tinggal dirumah singgah.
"Hari ini ada 4 Pasien masing-masing ditemani satu orang pendamping," katanya.
 
Tersedia ada 5 Kamar yang ada di rumah singgah ini. Tetapi untuk menjaga kemungkinan banyaknya yang numpang, disiapkan bed bed oleh pengurus Baznas.
 
Relawan Baznas Fauzi menjelaskan,  meski Baznas telah menyiapkan Rumah Singgah, 
pihaknya masih menjalin kerjasama sama dengan rumah singgah lain seperti Rumah Singgah IZI, Kasih Bunda, Buah Hati dan Sahabat Peduli. Hal itu dilakukan karane banyak warga Banyumas yang membutuhkan.
 

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengen ke Bali Lagi? Jalan-Jalan ke Bukit Cinta, yuk!

Jumat, 26 November 2021 | 16:29 WIB

Nyai Sampur dalam Wisata Mistis Gunung Kawi

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB

Cirebon Tidak Bisa Dilepaskan dari Sejarah Mataram

Senin, 22 November 2021 | 21:02 WIB

Syukur Waktu 10, Mari Bangkit dan Berkarya !!!

Selasa, 16 November 2021 | 21:28 WIB
X