• Selasa, 18 Januari 2022

Mendag Agus Ajak Konsumen Pahami Hak Demi Lindungi Transaksi

- Jumat, 6 November 2020 | 19:03 WIB
IMG-20201106-WA0075
IMG-20201106-WA0075


Jakarta, klikanggaran.com,--Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, mengajak masyarakat untuk memahami hak-hak nya sebagai konsumen yang dilindungi negara Cq Ditjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga (PKTN) Kemendag.


"Ditjen PKTN telah diberi wewenang undang-undang untuk mengawasi transaksi perdagangan melalui sistem elektronik, juga konvensional, sekaligus penegakan hukum," ujarnya saat puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 saat live di TV Nasional, Jumat (6/11).


Dijelaskannya, pengawasan bukan hanya terhadap barang/jasa bergantung kualitasnya tetapi juga pertanggungjawaban dari pelaku usaha dan kepatuhan terhadap ketentuan.


Seperti kewajiban memberikan data dan informasi yang jelas mengenai barang/jasa yang diperdagangkan.



Ubah pengawasan


Sementara Dirjen PKTN Kemendag, Veri Anggrijono, mengakui tren perubahan transaksi perdagangan dari konvensional atau secara langsung antara pedagang (pelaku usaha) dengan pembeli (konsumen) menjadi transaksi daring juga berdampak terhadap model pengawasan.


"Kami juga telah membangun aplikasi sistem informasi yang menyediakan saluran pengaduan konsumen agar dapat diakses masyarakat. Disamping saluran pengaduan melalui surat elektronik, aplikasi mobile WhatsApp, dan dimungkinkan bisa datang langsung ke Kemendag," ujarnya.


Dirjen Veri Anggrijono mengungkapkan instansinya mencatat sepanjang Januari-Oktober 2020 telah menjaring 194 pedagang alat kesehatan berkualitas rendah dan 143 pedagang bahan pangan di atas harga eceran tertinggi (HET).


"Ke-337 pelaku usaha daring itu diberi sanksi penutupan (takedown) akun, serta menghilangkan tautan (link) dari toko daring (merchant)," tutup Dirjen Veri.

Halaman:

Editor: dedy dj

Tags

Terkini

Nusantara Adalah Nama Ibu Kota Baru Indonesia

Senin, 17 Januari 2022 | 14:58 WIB

Sudah Tahu Daftar Hari Libur Tahun 2022?

Sabtu, 1 Januari 2022 | 16:35 WIB
X