• Senin, 18 Oktober 2021

Jawa Barat Siapkan Anggaran Rp7,59 Triliun untuk Terapkan PSBB

- Minggu, 12 April 2020 | 05:42 WIB
ridwan kamil
ridwan kamil


JAKARTA (Klikanggaran)— Pemerintah pusat sudah memberikan lampu hijau bagi pemerintah Jawa Barat untuk menerapkan  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Sabtu (11/10/2020) di lima wilayah, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi, alias Bodebek.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil sejak Rabu, 8 April 2020 sudah mengajukan PSBB untuk kelima wilayah tersebut.


Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, BPK dan Kejagung Digugat, Ada Apa?


Maka dari itu, sekitar Rp7,59 triliun yang diperlukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk penanganan Covid-19, dengan alokasi terbesar diperuntukkan sebagai jaring pengaman sosial.


Dalam dokumen usulan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Jabar yang disusun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jabar disebutkan bahwa alokasi anggaran yang paling banyak yakni untuk jaring pengaman sosial sebesar Rp4,7 triliun.


Baca Juga: Waduh, Penerima Bantuan Corona Dinsos Babel Harus Beragama Islam!


Anggaran ini diperuntukkan untuk bantuan tunai dan nontunai, bantuan untuk keluarga yang terkena ODP, PDP dan positif COVID-19, dan persiapan karantina wilayah. Untuk bantuan tunai direncanakan sebesar Rp150.000 per kepala keluarga (KK) per bulan sedangkan bantuan sembako senilai Rp350.000 per KK per bulan.


Sasaran penerima manfaat yakni keluarga miskin dana rentan miskin yang berjumlah 273.309 keluarga di Bodebek. Pemberian bantuan direncanakan selama empat bulan.


Selain anggaran untuk jaring pengaman sosial, pos anggaran penanganan COVID-19 lainnya yakni untuk bidang kesehatan sebesar Rp2.883,38 miliar. Antara lain untuk pemenuhan alat perlindungan diri (APD), penyiapan ruang isolasi di 50 titik, penyediaan  tempat transit tenaga kesehatan, insentif dan santunan kematian untuk keluarga, kebutuhan peralatan kesehatan dan penyiapan anggaran untuk pemulihan wabah COVID-19.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Selamat Kepada Guru Honorer yang Lolos Seleksi PPPK

Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:51 WIB
X