• Rabu, 19 Januari 2022

Bahaya Relaksasi Kebijakan Lockdown, Ini Peringatan WHO

- Sabtu, 4 April 2020 | 05:55 WIB
who 1
who 1


JAKARTA — Negara-negara di dunia diperingatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk tidak terburu-buru merelaksasi kebijakan ketat yang dijalankan terkait virus corona untuk menghindari kemungkinan lockdown lanjutan. Strategi transisi yang baik adalah kunci dalam menghindari karantina yang berulang. Lockdown yang berulang akan lebih berdampak negatif terhadap ekonomi.


Pernyataan tersebut disampaiakan oleh Kepala Program Darurat WHO, Mike Ryan , pada Jumat, 3 April 2020, sebagaimana dilaporkan Bloomberg.


BACA JUGA: Faisal Basri Sebut Luhut Lebih Berbahaya dari Coronavirus


"Jika kita lockdown berubah menjadi kontrol yang buruk, kembali ke lockdown, dan kembali ke kontrol yang buruk, itu bukanlah yang dibutuhkan semua orang saat ini," ujarnya dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss.


Ryan menjelaskan bahwa upaya mencegah penyebaran virus corona dinilai tidak cukup untuk menghentikan pandemi COVID-19. Pasalnya, selama virus corona masih ada dan ada banyak orang yang belum terinfeksi, maka tetap ada risiko pandemi kembali terjadi.


Ryan mengimbau negara-negara untuk melakukan pelacakan kontak besar-besaran atas orang yang terinfeksi serta pembentukan sistem kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan yang komprehensif agar siap ketika menghadapi wabah.


"Jika kita ingin bisa hidup bersama dengan virus ini dan memiliki ekonomi yang kembali tumbuh dengan baik, kita harus berinvestasi di hal-hal itu," lanjutnya.


BACA JUGA: MUDIK TAK DILARANG: Indonesia Potensial Melompat Lima Besar Negara Paling Terpapar Covid-19


WHO juga mengubah pandangannya terkait penggunaan masker. Meski masker kain maupun masker buatan sendiri tidak akan melindungi seseorang dari infeksi virus corona, tapi akan mengurangi kemungkinan penyebaran virus ke orang lain.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Nusantara Adalah Nama Ibu Kota Baru Indonesia

Senin, 17 Januari 2022 | 14:58 WIB

Sudah Tahu Daftar Hari Libur Tahun 2022?

Sabtu, 1 Januari 2022 | 16:35 WIB
X