Simak Tradisi-tradisi Unik Umat Muslim Indonesia di Bulan Ramadan!!!

- Kamis, 17 Maret 2022 | 21:03 WIB
ILustrasi Tradisi Buka Puasa Bersama (dok. Ist)
ILustrasi Tradisi Buka Puasa Bersama (dok. Ist)

KLIKANGGARAN--Kurang dari satu bulan lagi, umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan. Tentunya sudah banyak umat muslim yang sudah bersiap dalam melaksanakan berbagai rangkaian ibadah dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Salah satu kewajiban ibadah umat muslim adalah berpuasa di bulan Ramadan. Beberapa tradisi ibadah puasa yang sudah akrab dijalani bagi setiap umat muslim, diantaranya menahan hawa nafsu, seperti menahan lapar dan dahaga, menahan kesabaran, juga menahan emosi.

Tradisi-tradisi Ramadan tersebut menjadi cerita tersendiri bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.

Selain itu semua, ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas dalam bulan yang penuh berkah ini. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak beberapa fakta dan tradisi unik yang akan ditemui saat Ramadan terutama di Indonesia.

Baca Juga: Polisi Periksa Reza Arap dan Arief Muhammad Terkait Kasus Doni Salmanan, Sebagai Apa?

1. Tradisi Membangunkan Orang untuk Sahur

Menjelang waktu sahur, banyak warga yang akan senantiasa berkeliling kampung atau kompleks perumahan sekadar untuk membangunkan warga setempat. Biasanya berbentuk teriakan suara, tetapi ada juga yang menggunakan alat untuk membunyikan suara seperti bedug atau kentungan agar para warga terbangun.

2. Kegiatan Ngabuburit

Menunggu saatnya buka puasa, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk ngabuburit ke sebuah tempat seperti taman kota atau alun-alun. Dengan bermain bersama teman atau keluarga di sebuah taman, waktu menunggu berbuka puasa menjadi tidak terasa. Ada juga yang ngabuburit untuk membeli makanan berbuka puasa.

3. Buka Bersama

Kegiatan yang biasa kita sebut dengan bukber atau buka bersama ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, bukber atau buka puasa bersama juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. Banyak orang yang ingin melaksanakan buka puasa bersama yang biasanya dilaksanakan di tempat tertentu, misalnya di rumah, restoran, rumah makan, kedai, dan lain sebagainya.

Baca Juga: MAKI Ungkap Penyelundupan Minyak Goreng Ke Luar Negeri: Modus Kamuflase Sayuran

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Malam Jumat dan Ritual Mistis si Orang Pintar

Kamis, 22 Desember 2022 | 21:01 WIB

Kisah Mistis Besari, Perempuan Berperut Balon

Jumat, 9 Desember 2022 | 00:05 WIB
X