• Sabtu, 20 Agustus 2022

Gado-gado Bon Bin: Sejarah, Rasa, dan Keunikan

- Minggu, 30 Januari 2022 | 20:17 WIB
Gado-Gado Bon Bin (Klikanggaran/Anas)
Gado-Gado Bon Bin (Klikanggaran/Anas)

KLIKANGGARAN--Gado-gado Bon Bin, rumah makan legendaris yang terletak di daerah Cikini ini telah lama berdiri sejak 1960-an.

Rumah makan ini menawarkan gado-gado Bon Bin yang kuah siramnya memiliki rasa unik dan berbeda dari gado-gado lainnya.

Lembutnya kuah siram serta segarnya sayuran ditambah gurihnya kerupuk udang akan membuat orang yang melihat gado-gado Bon Bin menjadi lapar dan ingin segera mencicipi hidangan yang satu ini.

Menurut penuturan Pak Hadi Wijaya selaku pemilik gado-gado Bon Bin yang sekarang menjadi generasi kedua mengatakan bahwa awal mula gado-gado ini dinamakan Bon Bin dikarenakan dahulu daerah Cikini memiliki kebun binatang yang telah ada sejak tahun 1864.

Baca Juga: Robot Gundam: Mainan yang Tergolong Elite

Kemudian kebun bintang tersebut dipindahkan pada tahun 1964 yang kita kenal sekarang sebagai kebun binatang Ragunan. Ia juga menambahkan, bahwasannya dahulu sebelum menjual gado-gado ini, ibu dari Pak Hadi lebih dulu menjual Es Cendol berwarna merah yang rasanya tidak kalah unik.

Untuk gado-gado Bon Bin sendiri memiliki tekstur bumbu kacang yang sangat halus serta rasa yang pekat dan sedikit asam ditambah lontong yang lembut membuat makanan tersebut serasa nikmat ketika dimakan.

Untuk isian dari gado-gado Bon Bin ini sangatlah lengkap, terdiri dari kacang panjang, kangkung, tauge, mentimun, tahu, kentang, dan telur rebus serta lontong ditambah dengan taburan mping dan kerupuk udang lalu disiram dengan bumbu kacang yang lembut.

Rasa dari gado-gado Bon Bin ini memang terlahir dari resep warisan turun menurun sehingga membuat gado-gado Bon Bin ini memiliki keunikan dalam mempertahankan cita rasa untuk setiap pelanggan yang datang.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Tips Ampuh Gencet Pengeluaran di Tanggal Bokek

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:25 WIB
X