Macron: Pangsa Pasar Gas Rusia di Eropa Turun dari 50 Persen Menjadi 9 Persen

- Selasa, 6 September 2022 | 20:21 WIB
Macron (Twitter/tangkapan layar)
Macron (Twitter/tangkapan layar)


KLIKANGGARAN -- Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pasa Senin (5/9/2022) mengatakan bahwa pangsa gas Rusia di pasar Uni Eropa telah anjlok dari 50% menjadi 9% sejak awal tahun ini.

Impor gas Rusia oleh negara-negara UE pasti telah menurun, Macron mengatakan pada konferensi pers setelah panggilan telepon dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Dia menekankan bahwa perlu untuk bertindak melawan spekulasi harga energi di tingkat UE, menambahkan bahwa Prancis mendukung untuk membatasi harga gas pipa Rusia.

“Jika Komisi Eropa memutuskan untuk menetapkan batas harga untuk gas Rusia yang dipasok melalui jaringan pipa, Prancis akan mendukung langkah tersebut,” kata Macron.

Baca Juga: Inilah Alur yang Harus Dipahami Sebelum Nonton Sinetron Takdir Cinta yang Kupilih, tentang Ditikung Sahabat

Dia menambahkan bahwa Prancis akan mengirim gas ke Jerman jika diperlukan sementara Jerman siap menyediakan listrik untuk Prancis. Dia mengulangi panggilan sebelumnya untuk mematikan AC saat panas dan membatasi pemanasan hingga 19 derajat Celcius pada musim dingin ini.

Menurut Macron, UE siap menghadapi musim dingin serta penghentian total pasokan gas Rusia.

DISCLAIMER: Artikel ini telah tayang dalam bahasa Inggris di RT.com dengan judul "Fall in Russian gas share in EU market disclosed", baca artikel aslinya KLIK DI SINI.

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X