• Selasa, 28 Juni 2022

Mengapa Dewan Pers Keluarkan Imbauan terkait Pemberitaan tentang Emmeril Khan Mumtadz, Putra Ridwan Kamil?

- Senin, 30 Mei 2022 | 10:40 WIB
Ridwan Kamil berada Di Swiss untuk mengikuti proses pencarian terhadap putranya,  Emmeril Khan Mumtadz alias Eril,  yang terserat arus di Sungai Aare, Bern, Swiss (Kemlu)
Ridwan Kamil berada Di Swiss untuk mengikuti proses pencarian terhadap putranya, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, yang terserat arus di Sungai Aare, Bern, Swiss (Kemlu)

KLIKANGGARANDewan Pers mengeluarkan imbauan terhadap media terkait pemberitaan tentang Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil yang terserat arus di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Dewan Pers Siaran Pers Terkait Pemberitaan Media Tentang Peristiwa Kemanusiaan
yang diunduh Klikanggaran dari lama dewanpers.or.id, Senin (30/5/2022) mengimbau agar dalam melakukan pemberitaan harus sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.

Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai platform media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik,” tulis Dewan Pers dalam Siaran Pers yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra pada Minggu (29/5/2022).

Baca Juga: Inilah Profil Ilana Tan Penulis Novel Tetralogi Musim Termasuk Autumn in Paris, Si Pengarang Misterius!

Dewan Pers juga mengimbau agar media dari berbagai platform seyogianya tidak membuat berita yang berkaitan dengan prediksi atau ramalan terkait sebuah peristiwa tragedi Kemanusiaan, seperti dalam kasus yang dialami Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebelumnya, pawang hujan Moto GP Mandalika 2022, Rara Istiati Wulandari atau Rara sempat menjadi narasumber untuk meramal bagaimana kondisi Eril yang hanyut di sungai.

Baca Juga: Inilah Kalimat Terakhir Anindhita Rahma Cahyadi atau Anin saat Resmi Keluar dari Gen 3 JKT48, Mengharukan!

Ramalan Rara yang didasarkan pada pembacaan kartu tarot tentang  musibah yang dialami Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil  kemudian dikecam oleh nitizen Indonesia

Dalam penutup siaran persnya, Dewan Pers mengajak lembaga pers untuk lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusian, sesuai kode etik jurnalistik.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: dewanpers.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X