• Minggu, 5 Desember 2021

Basarnas Gelar Uji Kemampuan Operasi Pecarian dan Pertolongan Kecelakaan Kapal Laut

- Kamis, 9 September 2021 | 15:24 WIB
Basarnas Gelar Uji Kemampuan Kecelakaan Laut (Nanang AN)
Basarnas Gelar Uji Kemampuan Kecelakaan Laut (Nanang AN)

KLIKANGGARAN.COM - Badan SAR Nasional atau Basarnas Cilacap Jawa Tengah menggelar uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) kecelakaan kapal di perairan pantai selatan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Operasi Basarnas Pusat dimulai Senin dan Selasa (6-7/9/2021) . Dimulai dari persiapan alat dan tempat, selanjutnya Rabu (8/9/2021) dilakukan pembukaan dan materi untuk kegiatan praktek uji pelaksanaan operasi SAR dilaksanakan Kamis (9/9/2021) pukul 08.00 WIB dan Jumat (10/9/2021) dilakukan evaluasi selama kegiatan.

Menurut, Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman,kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi kesesuaian dan ketaatan pelaksanaan operasi SAR oleh seluruh Kantor SAR Cilacap.

" Ini untuk menguji ketaatan terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2014, PP Nomor 22 Tahun 2017, Perpres Nomor 83 Tahun 2016, Perban Nomor 23 Tahun 2020 serta rencana kontijensi yang dimiliki oleh setiap Kantor SAR," ujar Rasman saat membuka kegiatan uji pelaksanaan Operasi SAR di Hotel Atrium, Rabu (8/9).

Baca Juga: Bintang Hunger Games Jennifer Lawrence sedang Menunggu Kelahiran Anak Pertamanya.

Hadir di pembukaan kegiatan, Kasubdit Pengerahan Potensi dan Pengendali Operasi (RPDO) Basarnas Nur Yahya, beserta jajaran dari Direktorat Operasi Basarnas Pusat, Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya beserta jajarannya juga para personel Kantor SAR Cilacap dan tamu undangan seperti TNI, Polri, Sat Polair, BPBD Cilacap, Distrik Navigasi, KSOP, BMKG, KKP, HNSI, PMI, serta oraganisasi SAR masyarakat lainnya.

Kegiatan tersebut menyasar beberapa tahapan mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi SAR di lapangan.

Baca Juga: Wapres Tinjau Pelaksanaan PTM Terbatas dan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bogor


Pesertanya merupakan gabungan dari internal Kantor SAR Cilacap dengan unsur SAR Gabungan lainnya yang datang dari berbagai pihak.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X