Naftali Bennett Dilantik jadi Perdana Menteri Israel, Pemerintahan Netanyahu Berakhir

- Senin, 14 Juni 2021 | 02:22 WIB
Netanyahu
Netanyahu


Israel,Klikanggaran.com - Masa jabatan Netanyahu">Benjamin Netanyahu yang memecahkan rekor sebagai perdana menteri berakhir pada Minggu malam ketika pleno Knesset memilih untuk menyetujui pemerintah baru yang dibentuk oleh pemimpin Yamina Naftali Bennett dan ketua Yesh Atid Yair Lapid. Pemerintah baru disahkan pada pukul 8:55 waktu setempat dengan dukungan 60 MK, sementara 59 menentangnya. Ra'am (Daftar Bersatu Arab) MK Saeed Alharomi abstain.


Para MK di koalisi baru dan anggota keluarga mereka di galeri pengunjung bertepuk tangan saat hasil diumumkan.


Bennett  dan Netanyahu kemudian berjabat tangan, dan setelah dia dilantik sebagai perdana menteri, Bennett duduk di kursi Netanyahu di pleno Knesset. Tetapi ketika Bennett melewati kursi baru Netanyahu setelah dia dilantik, Netanyahu menolak untuk mengambil tangannya lagi.

Para menteri kemudian bergiliran dilantik. Bennett dilantik sebagai perdana menteri Israel ke-13 dan Lapid sebagai ke-14. Bennett mengumpulkan pemerintah untuk pertemuan pertamanya di Knesset. Foto bersejarah pemerintahan ke-36 Israel akan diambil di Kediaman Presiden pada hari Senin.


Sebelumnya pada hari Senin, Bennett dengan menantang mempresentasikan menteri dan pedoman pemerintahan barunya dalam sebuah pidato di pleno Knesset, sementara MK yang akan berada di oposisi terus-menerus mencelanya.


Pada saat Bennett memulai pidatonya memperkenalkan pemerintahannya, Ketua Partai Religius Zionis Bezalel Smotrich dan MK lainnya berteriak, “Malu,” sambil melambaikan poster korban terorisme. Mereka dikeluarkan dari pleno.


“Saya bangga bahwa saya bisa duduk di pemerintahan dengan orang-orang dengan pandangan yang sangat berbeda,” kata Bennett kepada para pencelanya di pleno Knesset, menambahkan bahwa mereka tampaknya memiliki masalah dengan kehilangan kekuasaan.


Bennett meminta semua sisi spektrum politik untuk menahan diri. Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah berhenti dikelola sebagai sebuah negara, katanya.


“Nada keras jeritan itu sama dengan kegagalan memerintah selama masa jabatan Anda,” Bennett membentak MK Likud.


Shas dan United Torah Judaism MKs mencela Bennett, menyebutnya pembohong dan penipu. Namun Bennett berjanji akan membantu sektor haredi (ultra-Ortodoks), meskipun MK-nya tidak akan menjadi bagian dari pemerintahannya. Dia berjanji untuk membangun kota haredi baru untuk populasi sektor yang terus bertambah.

Halaman:

Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

X