• Rabu, 19 Januari 2022

Biden Memberi Tahu Erdogan bahwa Dia Akan Mengakui Genosida Armenia

- Sabtu, 24 April 2021 | 06:40 WIB
BIDEN ERDOGAN
BIDEN ERDOGAN


KLIKANGGARAN--Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah memberi tahu mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, bahwa ia bermaksud mengakui pembunuhan massal orang-orang Armenia selama Perang Dunia Pertama sebagai genosida, kata seorang pejabat Turki kepada Middle East Eye.


Deklarasi tersebut, yang diperkirakan akan diumumkan pada hari Sabtu - bertepatan dengan Hari Peringatan Genosida Armenia - kemungkinan akan menambah ketegangan pada hubungan yang sudah tidak nyaman antara Washington dan Ankara.


BACA JUGA: Dokter Pedesaan di India Bersiap untuk Gelombang Kedua COVID-19 saat Pekerja Mudik


"Erdogan telah memberikan tanggapan yang tepat untuk ini," kata pejabat Turki itu, yang berbicara tanpa menyebut nama kepada MEE.


"Akan ada pernyataan tegas dari Ankara jika Biden membuat pengumuman seperti itu."


Pejabat itu mengatakan kedua presiden tenang selama panggilan telepon mereka pada hari Jumat, tetapi Erdogan menyuarakan penolakan kerasnya atas pengumuman yang dilaporkan Biden.


 Pernyataan Gedung Putih yang menggambarkan seruan itu pada hari sebelumnya tidak menyebutkan deklarasi genosida.


"Presiden Joseph R. Biden hari ini berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan minatnya pada hubungan bilateral yang konstruktif dengan area kerja sama yang diperluas dan manajemen perselisihan yang efektif," kata Gedung Putih.


BACA JUGA: Sebanyak 454 WN India Masuk Indonesia pada 11-22 April, Ada yang Bikin Rusuh ketika Dijemput Satgas Covid untuk Isolasi

Halaman:

Editor: Nisa Muslimah

Tags

Terkini

Gelombang Tsunami dari Tonga Tiba di California

Minggu, 16 Januari 2022 | 06:52 WIB

Omicron: Belanda Lockdown Mulai Minggu Pagi Ini

Minggu, 19 Desember 2021 | 07:28 WIB
X