• Rabu, 29 Juni 2022

Hari Pahlawan, Penganugerahan Kyai NU

- Kamis, 10 November 2016 | 05:21 WIB

Jakarta, Klikanggaran.com - Sebagai bangsa yang berdaulat, sepatutnya kita menghargai jasa para pendahulu yang dianggap pantas disebut sebagai pahlawan, yang telah banyak berkontribusi untuk negeri tercinta, tanah air Indonesia.

 

Presiden Joko Widodo memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh Nahdlatul Ulama, Almarhum Kyai Haji As'ad Syamsul Arifin pada upacara penganugerahan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11/2016). Penganugerahan gelar pahlawan ini diputuskan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 90/TK/Tahun 2016 tertanggal 3 November 2016.

"Menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada almarhum K.H.R. As'ad Syamsul Arifin tokoh dari provinsi Jawa Timur, atas jasa-jasanya yang luar biasa yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa," demikian bunyi Keppres yang dibacakan.

As'ad lahir pada1897 di kota Makkah dan wafat pada 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur. Semasa hidupnya, As'ad menjadi pengasuh dari pondok pesantren Salafiyah Syafi'iyah yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

As'ad banyak berjasa menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Jabatan terakhirnya di Nahdlatul Ulama adalah sebagai Dewan Penasihat. Lantaran Ucapan Selamatpun di sampaikan  oleh oleh Lukman Hakim S, "Selamat buat Gus Zaim yg wakili keluarga dlm penganugerahan Pahlawan Nasional bagi KHR. As'ad Syamsul Arifin.

 

Editor: Kit Rose

Tags

Terkini

X