• Minggu, 28 November 2021

Pembebasan Lahan Rp 48 M di Pemkab Garut Tak Didukung Bukti Dokumen???

- Rabu, 27 Maret 2019 | 10:00 WIB
Pembebasan Lahan
Pembebasan Lahan






Jakarta, Klikanggaran.com (27-03-2019) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menghabiskan Rp 4,3 triliun untuk belanja daerah di tahun 2017. Dari hasil laporan, salah satu belanja daerah tersebut digunakan untuk pembebasan tanah Jalan Alternatif Kadungora-Leles, Jalan Lingkar Cipanas, dan By Pass seluruhnya hingga Rp 48 miliar.





Akan tetapi, belanja yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini nyatanya dinilai publik tidak beres. Ungkapan tersebut bukan tanpa alasan, karena diketahui bila pembebasan tanah tersebut tidak disertai dengan dokumen pendukung.





Dokumen pendukung yang dimaksud ialah dokumen yang dipersyaratkan dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengadaan Tanah. Adapun dokumen tersebut di antaranya daftar nominatif, surat pelepasan hak, KTP, bukti pembayaran PBB, Lembar inventarisasi, inventarisasi data yuridis pengadaan, surat pernyataan penguasaan fisik, surat keterangan riwayat tanah, peta bidang tanah, dan bukti kepemilikan.





Selain itu, potensi anggaran menguap pada Dinas PUPR ini terjadi juga dalam pembangunan Art Center senilai Rp 9,7 miliar. Karena dalam berita acara pemeriksaan yang telah dilakukan atas pembangunan tersebut, pekerjaannya baru mencapai 75,70 % dari yang telah direncanakan.





Hal tersebut bukan saja tidak sesuai dengan ketentuan, tapi sudah tidak sesuai dengan tujuan awal membangun Art Center. Terlebih, pembayaran atas pekerjaan itu tidak dilengkapi dengan back up data perhitungan atas volume yang telah terpasang.

Halaman:

Editor: Bagus AlFatah

Tags

Terkini

Miris! Adik Kakak Bergantian Sepatu di Sekolah

Rabu, 24 November 2021 | 21:12 WIB
X