• Senin, 8 Agustus 2022

Ini Cara Timnas Menang Melawan Thailand di Final

- Senin, 27 Desember 2021 | 10:19 WIB
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia (Instagram/shintaeyong.id)
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia (Instagram/shintaeyong.id)

KLIKANGGARAN--Di final Piala AFF Indonesia akan bertemu dengan Thailand. Leg pertama dihelat pada 29 Desember 2021 dan leg kedua pada tahun baru 1 Januari 2022. Pertemuan ini adalah pertemuan final yang keempat kalinya melawan Tim Gajah Perang. Tiga sebelumnya dimenangkan Thailand, yakni pada partai puncak Piala AFF 2000, 2002, dan 2016.

Walaupun gagal di ketiga pertandingan puncak tersebut, Indonesia tampil bukan tanpa perlawanan. Di pertandingan terakhir pada 2016 Indonesia sempat unggul di leg pertama, namun timnas tumbang di leg kedua dan Thailand menjadi kampiun setelah menang agregat 3-2.

Belajar dari kesalahan sebelumnya. Kali ini Indonesia harus mengimbangi permainan Thailand hingga akhirnya bisa memenangkan pertandingan. Taktik jitu dari sang pelatih Shin Tae-yong menjadi modal buat mencabik-cabik pertahanan Thailand.

Baca Juga: RESENSI BUKU: Hal-Hal yang Dibicarakan Ketika Raymond Carver Bicara Soal Cinta

Sang pelatih punya cara untuk mengalahkan Thailand di pertandingan partai puncak nanti. Salah satunya adalah faktor psikologis pemain. Belajar dari pertandingan penuh drama melawan Singapura. Shin menyebut bahwa pemainnya kurang tenang.

Pernyataan Shin Tae-yong tersebut memang benar saat pertandingan melawan Singapura timnas Garuda kelihatan kurang tenang. Unggul jumlah pemain kurang dioptimalkan. Lalu banyak melakukan pelanggaran di dekat gawang. Akhirnya, gawang timnas malah kebobolan melalui bola mati.

Berangkat dari evaluasi tersebut, saat melawan Thailand nanti, pemain Indonesia mesti lebih tenang. Para pemain yang relatif muda mesti belajar menghadapi atmosfer pertandingan dalam kondisi apa pun. Ketenangan adalah kuncinya.

Baca Juga: Pembangunan Rumah Sakit (RS) Internasional Bali di Mulai, Presiden Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertamanya.

Tidak melakukan kesalahan sendiri. Tidak melakukan pelanggaran di dekat gawang adalah salah satu strategi yang bisa membawa Indonesia menang melawan Thailand. Lalu, apakah pemain timnas akan mengikuti arahan Coach Shin tersebut. Kita saksikan di pertandingan final nanti. Indonesia juara!***

 

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X