• Jumat, 12 Agustus 2022

Trending di Twitter, Warganet Ungkap Fakta 'Singa Betina' Cut Nyak Dhien yang Wafat di Sumedang

- Senin, 21 Februari 2022 | 08:24 WIB
Cut Nyak Dhien (Twitter @JanissaryD_Last)
Cut Nyak Dhien (Twitter @JanissaryD_Last)

KLIKANGGARAN -- Nama Sumedang kini viral dan trending di twitter dengan sudah ribuan kali dicuitkan.

Viral dan trendingnya kata Sumedang di twitter rupanya tidak lepas dari sebuah sejarah yang sangat penting di Indonesia.

Diungkap oleh salah satu warganet di twitter, viral dan trendingnya Sumedang dihubungkan dengan sejarah Cut Nyak Dhien yang faktanya pernah diasingkan di Sumedang.

"HARI itu.. tepat 11 Desember 1906, Bupati Sumedang, Pangeran Aria Suriaatmaja kedatangan tiga orang tamu. Ketiganya merupakan tawanan titipan pemerintah Hindia Belanda. Seorang perempuan tua renta, rabun serta menderita encok, seorang lagi lelaki tegap," tulis akun @JanissaryD_Last pada sebuah unggahan foto yang diduga Cut Nyak Dhien yang kemudian viral dan trending di twitter dikutip Senin, 21 Februari 2022.

Baca Juga: Tahukah Kamu Nabi Muhammad SAW Memiliki 201 Nama? Simak di Sini Penjelasannya

Hak itu senada dengan sejarah tentan Cut Nyak Dhien yang faktanya memang pernah diasingkan dari Aceh ke Sumedang.

Dikutip dari Wikipedia, Cut Nyak Dhien (ejaan lama: Tjoet Nja' Dhien, Lampadang, Kerajaan Aceh, 1848 – Sumedang, Jawa Barat, 6 November 1908; dimakamkan di Gunung Puyuh, Sumedang) adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh.

Makan Cut Nyak DHien (twitter @OCAAAANNNNN)

Setelah wilayah VI Mukim diserang, ia mengungsi, sementara suaminya Ibrahim Lamnga bertempur melawan Belanda. Tewasnya Ibrahim Lamnga di Gle Tarum pada tanggal 29 Juni 1878 kemudian menyeret Cut Nyak Dhien lebih jauh dalam perlawanannya terhadap Belanda.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gugatan Presidential Threshold Serba Dilema

Kamis, 7 Juli 2022 | 13:53 WIB

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB
X