• Jumat, 12 Agustus 2022

Jadikan Sholat Dhuha Sebuah Kebiasaan, Inilah Lima Manfaatnya yang Jarang Diketahui

- Kamis, 17 Februari 2022 | 07:41 WIB
Ilustrasi (mvslim.com / Mansour Jamal Ibrahim)
Ilustrasi (mvslim.com / Mansour Jamal Ibrahim)

KLIKANGGARAN--Sholat sunnah yang seringkali dikumandangkan oleh para ulama yaitu salah satunya adalah Sholat Dhuha. Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha, Waktu dhuha itu kira-kira 20 menit setelah matahari terbit, hingga 10 atau 5 menit sebelum matahari bergeser ke barat atau sebelum waktu Dhuhur.

Sholat Dhuha dilaksanakan dalam jumlah minimal dua rakaat. Namun Rasulullah mengerjakan sholat Dhuha empat rakaat, pernah juga beliau mengerjakan hingga 8 rakaat. Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan Ummu Hani’ binti Abi Thalib.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalla pernah mengerjakan sholat sebanyak 8 rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucapkan salam.” (HR. Abu Dawud).

Surat-surat yang baik dibacakan saat menunaikan Sholat Dhuha adalah surat Al-Waqiah, surat Asy-Syams, surat Ad-Duha, surat Al-Kafirun, surat Quraisy, dan surat Al-Ikhlas.

Baca Juga: Ayah Atta Halilintar Pinta Aurel Hermansyah Melahirkan Normal agar Atta Bisa Punya Banyak Anak

Sholat Dhuha ternyata memiliki banyak manfaatnya maka disarankan menjadikan sholat dhuha sebuah kebiasaan. Inilah lima manfaat-manfatanya:

Pertama, Allah Bangunkan Rumah di Surga
“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR. Ibnu Majah).

Dari hadis di atas dijelaskan bahwa bagi umat islam yang meluangkan waktu untuk melaksanakan Shalat Dhuha sebanyak 12 rakaat maka Allah menjanjikan imbalan berupa rumah yang indah di surga yang rumahnya bagai istana yang terbuat dari emas.

Kedua, dapat Pengampunan Dosa

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X