• Minggu, 22 Mei 2022

Viral Seorang Lelaki Menendang dan Membuang Sesajen, Lalu Apa Makna Sesajen?

- Senin, 10 Januari 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi: sesajen (wikipedia)
Ilustrasi: sesajen (wikipedia)

KLIKANGGARAN -- Terkait dengan viralnya sebuah sebuah video yang menampilkan seorang lelaki menendang dan membuang sesajen, kini kata 'sesajen' menjadi trending di twitter.

Banyak pro dan kontra terkait apa yang dilakukan oleh lelaki dalam video viral tersebut, hal itu tentu tidak lepas dari pemahaman setiap orang yang berbeda-da tentang sesajen.

Namun Klikers, apapun yang terjadi kita harus tetap bijak dalam menyikapi segala sesuatu termasuk menyikapi kejadian ditendang dan dibuangnya sesajen tersebut.

Agar tidak salah memahami, berikut makna sesajen yang harus kita ketahui.

Baca Juga: Viral Video Sesajen Ditendang dan Dibuang, Apa Kata MUI?

Dikutip dari Wikipedia, dalam upacara tradisi, sesajen, sesaji, sajen, sajian, semah, atau semahan adalah makanan dan benda lain (seperti bunga dan dupa) yang dipersembahkan dalam upacara bersaji, yaitu upacara yang dilakukan dengan tujuan berkomunikasi atau berinteraksi dengan makhluk gaib.

Sesajen merupakan sarana komunikasi masyarakat kepada kekuatan tertinggi yang telah memberi kehidupan dan yang menjadi pusat harapan atas berbagai keinginan positif masyarakat, dan atau sarana komunikasi masyarakat kepada kekuatan-kekuatan gaib yang menurut pemahaman masyarakat telah melindungi mereka selama ini.

Sesajen dapat berupa berbagai macam benda, namun umumnya berupa makanan. Sebagian sesajen berupa benda-benda khusus yang dipercaya disukai sang kekuatan tertinggi atau kekuatan gaib.

Baca Juga: Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB

Ramadan dan Penguatan Kohesi Sosial

Jumat, 8 April 2022 | 13:27 WIB
X