• Selasa, 24 Mei 2022

Realisasi Angan: Realitas yang Perlu Dibentuk dan Diwujudkan Sebagai Resolusi Tahun Baru

- Jumat, 31 Desember 2021 | 07:18 WIB
Ilustrasi (Sekar_Mayang)
Ilustrasi (Sekar_Mayang)

 

KLIKANGGARAN--Apa yang kita pikirkan ketika berhadapan dengan kata realitas? Apakah warna-warni angan yang kita impikan? Apakah tentang kesulitan-kesulitan yang terbayang ketika mewujudkannya? Atau, apakah kita belum memahami seutuhnya mengapa realitas seolah-olah memilih jalannya sendiri untuk hadir?

Dalam KBBI daring, realitas diartikan sebagai kenyataan (diakses 31 Desember 2021). Sesuatu yang terang, jelas, benar-benar ada, dan terbukti. Misalnya, sepiring makanan tampak di depan mata. Bentuk bulat piring, gunungan kecil nasi, sepotong ayam goreng, beberapa sendok sayur, dan sebungkus kerupuk. Kita bisa melihat wujudnya, memegang, bahkan mencium aroma ayam goreng yang menggoda serta merasakan gurihnya ketika benda itu menyentuh lidah.

Nah, pertanyaannya adalah, apakah sepiring makanan tersebut bisa hadir dengan sendirinya di hadapan kita? Jika tidak, bagaimana ia bisa sampai hadir di depan mata? Apakah ada mantra tertentu yang dirapalkan? Atau, adakah tahapan-tahapan yang membuat sepiring makanan dalam angan menjelma sebagai realitas di atas meja?

Baca Juga: KSAD Dudung Temui Menhan Prabowo Subianto, Bahas Apa?

Realitas kerap tidak sejalan dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya. Bukan karena Tuhan tidak mendengar doa kita, bukan pula karena kita salah melangitkan doa, tetapi bisa jadi kita tidak mengondisikan diri untuk sesuai dengan apa yang kita angankan akan terjadi.

Seperti contoh sederhana di atas, sepiring makanan yang hadir di depan kita. Banyak cara mewujudkannya. Kita tinggal memilih cara mana yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Pertama, tentu kita bisa memasaknya sendiri. Mulai dari mengusahakan bahan-bahan mentahnya, mengolahnya sesuai prosedur atau modifikasi resep, dan menyajikannya setelah matang. Cara pertama ini menuntut kita memiliki kemampuan mengolah bahan mentah. Dan, tentu saja, waktu dan berbagai peralatan sebagai faktor yang membuat prosedur memasak bisa dikerjakan.

Baca Juga: Adinia Wirasti Menggemparkan Publik Setelah Tampil Memukau di Rewind Indonesia 2021, Siapakah Dia?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB

Ramadan dan Penguatan Kohesi Sosial

Jumat, 8 April 2022 | 13:27 WIB
X