• Minggu, 28 November 2021

Komputer Kuantum China Lebih Dahsyat 1 Juta Kali daripada Buatan Google

- Sabtu, 12 September 2020 | 19:58 WIB
google
google


(KLIKANGGARAN)--Seorang fisikawan China mengklaim telah membangun komputer kuantum yang akan meninggalkan pesaing Barat mereka jauh di belakang, tetapi dia dan timnya mengatakan mereka perlu "memverifikasi lebih lanjut" klaim tersebut.


Pan Jianwei, fisikawan dari Universitas Sains dan Teknologi China, mengumumkan pada sebuah kuliah di Westlake University, Hangzhou, pada 5 September bahwa mesin baru baru-baru ini mencapai "supremasi kuantum" satu juta kali lebih besar daripada rekor yang saat ini dipegang oleh Sycamore, komputer kuantum yang dibuat oleh Google.


Baca juga: Jika ISIS benar-benar bangkit, Amerika Serikat yang harus disalahkan, bukan Iran


Sycamore menyelesaikan dalam waktu sekitar 200 detik sebuah perhitungan yang akan membuat komputer tercepat di Bumi sibuk selama 10.000 tahun, menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh peneliti Google tahun lalu.


Klaim Pan dilaporkan oleh Anhui Daily dan media lain di daratan.


Tim Pan mengeluarkan pernyataan di Weibo pada hari Selasa bahwa mereka "sangat khawatir" dengan laporan ini karena Pan telah dikutip di luar konteks.


Hasilnya masih awal, dan "tidak ada jaminan 100 persen sampai verifikasi lebih lanjut," kata Pan dalam pernyataan itu.


Pada saat menerbitkan laporan South China Morning Post ini, tim Pan belum merilis makalah untuk memberikan detail lebih lanjut tentang pekerjaan mereka.


Komputer kuantum menggunakan qubit, atau partikel subatomik dalam berbagai status kuantum untuk melakukan banyak kalkulasi pada saat yang bersamaan. Beberapa ilmuwan percaya bahwa teknologi tersebut suatu hari nanti dapat digunakan untuk meretas akun bank yang dilindungi oleh kata sandi, di antara aplikasi lainnya.

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

Erick Thohir Ikut Nimbrung Soal Toilet di SPBU Pertamina

Selasa, 23 November 2021 | 14:33 WIB

Lima Pesawat N-219 PT DI Dibeli Sejumlah Kader NU

Jumat, 12 November 2021 | 13:53 WIB
X