Presiden Sri Langka Akan Mengundurkan Diri setelah 100.000-an Demontran Serbu Istana Presiden

- Minggu, 10 Juli 2022 | 05:41 WIB
Demontrasi bergerak menuju kediaman Presiden Srilanka  (Triworld)
Demontrasi bergerak menuju kediaman Presiden Srilanka (Triworld)

KLIKANGGARAN--- Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, akan mengundurkan diri, efektif minggu depan, media lokal melaporkan pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, lansir Russia Today.

Presiden Sri Lanka sebelumnya meninggalkan kediamannya di Kolombo ketika ribuan pengunjuk rasa mengepung kompleks tersebut.

Pengunduran diri Presiden Sri Lanka diumumkan oleh outlet berita Sri Lanka Newsfirst, yang mengutip Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena.

Pengumuman pengunduran diri Presiden Sri Lanka itu terjadi beberapa jam setelah Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe menyatakan bahwa dia juga akan bersedia untuk mundur, membuka jalan bagi pemerintahan sementara yang diikuti dengan pemilihan umum.

Baca Juga: Kenapa Baju Ihram Hanya Kain Putih? Begini Jawaban Habib Ja'far yang Akan Membuat Kamu Tersadarkan!

Sri Lanka telah diguncang oleh protes selama beberapa bulan, dengan kerusuhan didorong oleh melonjaknya inflasi dan kekurangan makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Negara itu gagal membayar utang luar negerinya pada Mei, dan penjatahan bahan bakar diperkenalkan awal bulan ini, dengan pasukan bersenjata dikerahkan ke stasiun pengisian bahan bakar.

Krisis ekonomi telah disalahkan sebagian pada pandemi Covid-19 dan mengakibatkan jatuhnya pendapatan pariwisata untuk negara kepulauan itu.

Baca Juga: Sat Set Sat Set, Sapi Ahmad Trending di Twitter, Warganet Sebut juga Nagita Sapina, Apaan Coba?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Artikel Terkait

Terkini

X