• Jumat, 2 Desember 2022

Wali Kota Bandung Berpulang, Ini Keutamaan Meninggal di Hari Jumat

- Jumat, 10 Desember 2021 | 15:00 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M Danial (Twitter @BudiSiswan)
Wali Kota Bandung, Oded M Danial (Twitter @BudiSiswan)

KLIKANGGARAN - Hari ini, Jumat, 10 Desember 2021, Wali Kota Bandung, H. Oded Mohamad Danial, S.A.P. meninggal dunia di RS. Muhammadiyah Bandung.

Mang Oded, sapaan akrab beliau, lahir pada tanggal 15 November 1962. Beliau dikenal sebagai sosok yang ramah dan berkahlak mulia.

Diiringi segenap doa untuk Mang Oded, berikut Klikanggaran.com ringkas keutamaan seseorang jika meninggal pada hari Jumat.

Menurut Syekh Abdur Rauf al-Manawi, keutamaan yang diyakininya yakni akan terjaga dari fitnah kubur, seperti yang tertulis dalam kitab Faidl al-Qadir sebagai berikut:

Baca Juga: Wabup Suaib Minta Pembangunan Huntap Dikerja Profesional dan Tepat Waktu

“Sabda Nabi, tidaklah seorang Muslim mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur, sebab orang yang wafat di hari atau malam Jumat dibukakan paginya tutup (kurungan), sebab pada hari Jumat api neraka Jahannam tidak dinyalakan, pintu-pintunya ditutup, keleluasaan api neraka tidak berjalan sebagaimana hari-hari yang lain."

Jadi, bila di hari Jumat seorang hamba dicabut ruhnya, hal tersebut menunjukan kebahagiannya dan baiknya tempat kembali baginya.

Karena pada hari Jumat, api neraka Jahannam tidak dinyalakan, pintu-pintunya ditutup, keleluasaan api neraka tidak berjalan sebagaimana hari-hari yang lain.

Baca Juga: Perkuat Mitigasi, Pemda Lutra dan Unhas Lakukan Penyelidikan Geologi di Tiga Sungai Besar

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peluncuran Buku Poros Mataram Islam

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:42 WIB
X