• Jumat, 12 Agustus 2022

Peringati Haornas ke 38, Menpora: Kita Tidak Boleh Mendapatkan Prestasi by Accident

- Kamis, 9 September 2021 | 14:42 WIB
Haornas ke 38 di GOR POPKI Cibubur (Dok.Klikanggaran.com/KitRose)
Haornas ke 38 di GOR POPKI Cibubur (Dok.Klikanggaran.com/KitRose)

Jakarta, Klikanggaran.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada hari ini, Kamis tanggal 9 September 2021, telah menandatangani Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Demikian disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, saat menghadiri peringatan Haornas ke 38 di gedung GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (09-09-2021).

Menpora menyebutkan, hal itu juga sebagai penanda bahwa hari ini, pada peringatan Haornas ke 38 ini, lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia. Dengan ditandatanganinya Perpres pada hari ini oleh Presiden, menjadi penanda dari dimulainya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional.

Menpora juga mengungkapkan, tepat pada Haornas ke 38 ini, DBON telah resmi memiliki payung hukum yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021.

Baca Juga: Haornas, Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju

Dalam arahannya kepada Menpora dan stakeholder olahraga, Jokowi meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem olahraga nasional dan melakukan perbaikan tata kelola pembinaan prestasi serta melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan olahraga nasional dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.

Dengan demikian, Menpora dan stakeholder menyusun Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sebagai panduan dan pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga. Namun demikian, hal itu harus ada dukungan elemen-elemen penunjang lainnya. Disamping itu, dalam pembinaan olahraga modern, unsur sport science harus dijadikan sebagai panduan utama dalam melahirkan atlet-atlet yang berprestasi di tingkat dunia.

"Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan. Untuk menghasilkan prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, yang terencana terstruktur dan berkesinambungan," kata Menpora.

Baca Juga: Menpora: DBON Adalah Jawaban Atas Arahan Presiden Jokowi untuk Pembinaan Prestasi Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haronas) ke-38 atau Haornas 2021, Kamis (9/9). Turut hadir dalam kegiatan ini Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet, kepala daerah, pimpinan cabang olahraga dan sejumlah anggota DPR RI. Kegiatan ini digelar secara hybrid, sebagian peserta hadir di gedung GOR POPKI Cibubur dan sebagiannya lagi mengikuti secara virtual mengingat masih dalam situasi pandemi.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X