• Sabtu, 10 Desember 2022

Jokowi Gembira! Bendungan Kuningan Senilai Rp513 Miliar Diresmikan

- Rabu, 1 September 2021 | 14:52 WIB
Jokowi kunjungi Bendungan Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31-8 (Instagram/@jokowi)
Jokowi kunjungi Bendungan Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31-8 (Instagram/@jokowi)

Jakarta, Klikanggaran.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan, di Kuningan, Jawa Barat, pada Selasa, 31 Agustus 2021. Seperti diketahui, Bendungan Kuningan dibangun dengan biaya senilai Rp513 miliar, dengan kapasitas tampung mencapai 25,9 juta meter kubik.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan kegembiraannya atas telah diresmikannya Bendungan Kuningan yang dibangun selama tujuh tahun.

"Hujan lebat mengguyur kawasan sekitar Bendungan Kuningan ketika saya datang ke sana siang tadi. Tapi saya senang bahwa bendungan yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar ini akhirnya bisa diresmikan dan siap untuk digunakan," ujar Jokowi melalui akun instagramnya, @jokowi seperti dikutip, Rabu (1-9).

Jokowi berujar, Bendungan Kuningan yang memiliki daya tampung 25,9 juta meter kubik ini akan berfungsi menyuplai air secara berkelanjutan bagi 3.000 hektar sawah masyarakat di Kuningan, Cirebon, hingga Brebes.

Baca Juga: Rumah Pelaku Antigen Bekas di Lubuklinggau Disita Direskrimsus Polda Sumatera Utara

Menurutnya, jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga, petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi dua atau tiga kali setahun.
"
Bendungan Kuningan juga dapat memberikan manfaat lain bagi masyarakat sekitar, dari ketahanan air, pengendalian banjir, penyediaan air baku, hingga menghasilkan listrik sebesar 0,5 megawatt," tandasnya.

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X