• Minggu, 28 November 2021

Gencatan senjata Israel-Gaza: Sisi telah menemukan cara untuk menarik perhatian Biden

- Jumat, 28 Mei 2021 | 14:07 WIB
sisi
sisi


KLIKANGGARAN-- Ketika kesepakatan gencatan senjata Gaza mulai berlaku minggu lalu, Presiden AS Joe Biden, dalam pidato singkatnya, berterima kasih kepada Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, "yang memainkan peran penting dalam diplomasi ini". Pengamat dekat urusan Mesir akan mencatat perubahan dalam wacana Kairo tentang Palestina, Gaza dan Hamas yang mengarah pada gencatan senjata. Tapi kenapa?


Beberapa minggu sebelumnya, kementerian luar negeri Mesir mengutuk penyerangan militer Israel ke Masjid al-Aqsa saat malam Ramadhan. Khotbah Jumat di Masjid al-Azhar mengkritik keras Israel, dengan alasan perlunya "pasukan penangkal Islam" untuk membebaskan Yerusalem dari pendudukan.


Presiden Suriah Bashar Assad memenangkan pemilihan ulang dengan 95,1% suara


Presenter acara bincang-bincang televisi Mesir dan kroni anggota parlemen dari rezim mengungkapkan solidaritas dengan Palestina, sambil mengutuk Israel sebagai musuh pendudukan yang berperang. Tidak ada kritik seperti itu terhadap Hamas.


Pada saat yang sama, sumber-sumber Mesir yang tidak disebutkan namanya menyebarkan berita bahwa perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza telah dibuka untuk bantuan kemanusiaan. Truk dengan gambar Sisi terlihat menuju Gaza. Sisi kemudian berjanji untuk mengalokasikan $ 500 juta untuk rekonstruksi Gaza.


Namun, di bawah Sisi, Mesir secara tradisional memandang Hamas sebagai organisasi teroris, secara rutin menuduhnya melakukan serangan di Sinai dan menyelundupkan senjata ke Ikhwanul Muslimin. Sementara tuduhan semacam itu tidak berdasar, Mesir memandang Hamas sebagai perpanjangan tangan Ikhwan, dan dengan demikian mengancam stabilitas rezim Mesir.


Antisipasi Corona Menyebar, Koramil dan Polsek Teluk Keramat Terapkan Prokes


Terlibat dengan Israel


Pada tahun 2014, tidak seperti presiden sebelumnya, Sisi tidak melakukan intervensi untuk menghentikan serangan Israel di Gaza, atau mendorong secara diplomatis untuk gencatan senjata, membuat Gaza menderita serangan udara selama berminggu-minggu sebelum mengatur gencatan senjata. Selama periode eskalasi di tahun-tahun berikutnya, keterlibatan Mesir dalam perjanjian gencatan senjata sangat kecil.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polandia Mengancam Tutup Perbatasan dengan Belarusia

Senin, 22 November 2021 | 09:21 WIB
X