• Rabu, 19 Januari 2022

Turki Menginginkan Hubungan yang Lebih Baik dengan Israel, Kata Erdogan

- Sabtu, 26 Desember 2020 | 08:10 WIB
Erdogan
Erdogan


nona(KLIKANGGARAN)--Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan Israel dan bahwa pembicaraan di tingkat intelijen terus berlanjut antara kedua belah pihak, tetapi juga mengkritik kebijakan Israel terhadap Palestina sebagai "tidak dapat diterima".


Baca juga: Virus Korona Baru: Lebih Menular dan Bermutasi?


Berbicara kepada wartawan setelah salat Jumat di Istanbul, Erdogan mengatakan Turki memiliki masalah dengan "orang-orang di tingkat atas" di Israel dan bahwa hubungan bisa menjadi "sangat berbeda" jika bukan karena masalah itu.


“Kebijakan Palestina adalah garis merah kami. Tidak mungkin bagi kami untuk menerima kebijakan Israel Palestina. Tindakan tanpa ampun mereka di sana tidak bisa diterima,” kata Erdogan, dikutip Al Jazeera.


"Jika tidak ada masalah di tingkat atas, hubungan kami bisa sangat berbeda," tambahnya. Kami ingin membawa hubungan kami ke titik yang lebih baik.


Turki adalah negara mayoritas Muslim pertama yang mengakui Israel pada tahun 1949. Mereka menikmati hubungan yang hangat dan hubungan komersial yang kuat sampai Erdogan naik ke tampuk kekuasaan.


Dalam beberapa tahun terakhir, Ankara berulang kali mengutuk pendudukan Israel di Tepi Barat dan perlakuannya terhadap Palestina.


Turki pertama kali memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel pada 2010 setelah 10 aktivis Turki pro-Palestina dibunuh oleh pasukan komando Israel yang menaiki armada milik Turki yang mencoba mengirimkan bantuan dan mematahkan blokade maritim Israel selama bertahun-tahun di Gaza.


Blokade Israel di Jalur Gaza yang diduduki telah dilakukan sejak Juni 2007, ketika Israel memberlakukan blokade darat, laut, dan udara kedap udara di daerah tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Gelombang Tsunami dari Tonga Tiba di California

Minggu, 16 Januari 2022 | 06:52 WIB

Omicron: Belanda Lockdown Mulai Minggu Pagi Ini

Minggu, 19 Desember 2021 | 07:28 WIB
X