• Kamis, 26 Mei 2022

Netanyahu dan MBS Bertemu secara Rahasia, tetapi Dibocorkan, Apa maknanya?

- Kamis, 26 November 2020 | 07:19 WIB
pompeo MBS 2020 afp
pompeo MBS 2020 afp


(KLIKANGGARAN)--Jarang ada rahasia yang dirahasiakan dengan buruk. Hanya beberapa jam setelah kembali dari pertemuan klandestin lainnya dengan Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menginstruksikan para pembantunya untuk "membocorkan" berita tersebut ke media Israel.


Sensor Israel, badan resmi yang biasanya melarang laporan Israel tentang hubungan dengan negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Israel, diam. Ini dipahami secara luas sebagai sinyal untuk memungkinkan informasi dipublikasikan.


‘Jenius Abadi’: Dunia Berduka Atas Kematian Diego Maradona


Dan berita yang diterbitkan adalah sebagai berikut: Netanyahu - ditemani atase militernya, Brigjen Avi Bluth, Kepala Mossad Yossi Cohen dan Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben Shabat - terbang pada Minggu malam dengan jet pribadi yang disewa dari pengusaha Israel Udi Angel ke kota futuristik Neom, sebuah resor Laut Merah Saudi.


Di sana, mereka bertemu selama tiga jam dengan bin Salman dan Khalid bin Ali al-Humaidan, direktur jenderal Direktorat Intelijen Umum kerajaan Teluk. Pertemuan tersebut difasilitasi oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, yang juga hadir.


Kebocoran terkontrol


Perdana menteri Israel dan semua kepala Mossad sejak Shabtai Shavit pada awal 1990-an kadang-kadang bertemu dengan pejabat senior Saudi termasuk kepala intelijen dan jenderal militer. Namun, semua pertemuan terakhir ini telah dirahasiakan dengan ketat, dengan Saudi bersikeras dan memperingatkan lawan bicara Israel mereka agar tidak mengungkapkan bahwa mereka telah terjadi. Kecuali untuk beberapa kebocoran insidental ke media asing, pengaturan itu dihormati oleh kedua belah pihak dan kerahasiaan dijaga.


Diprediksi Proyek Pembangunan Puskesmas Bungku, Tidak Rampung Sesuai Kontrak


Mengingat sifat pertemuan di masa lalu, jelas bahwa para pihak yang terlibat selalu tahu bagaimana memastikan bahwa biji kopi tidak tumpah.

Halaman:

Editor: Nisa Muslimah

Tags

Terkini

Israel Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 06:35 WIB

Rusia Tidak Akan Menggratiskan Gasnya!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:12 WIB
X